Jumat, 12 Agustus 2022 16:02 WIB

Puncak Perayaan HUT Ke-29 RSUP HAM

Responsive image
(humas/ade) - RSUP H. Adam Malik Medan
557

MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) menggelar puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29 di halaman Gedung Administrasi RSUP HAM, Jumat (12/08/2022). Ulang tahun RSUP HAM yang jatuh pada tanggal 21 Juli 2022 ini disemarakkan berbagai kegiatan dengan tema “RSUP HAM Siap Menyongsong Transformasi Sistem Kesehatan Menuju World Class Health Service dan Akreditasi Rumah Sakit Tahun 2022”.

Dalam acara seremonial puncak perayaan HUT ke-29 ini, Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) kembali menegaskan dukungan dan pelaksanaan transformasi sistem kesehatan di lingkungan RSUP HAM. Dia berharap seluruh pegawai RSUP HAM dapat mendukung program tersebut, agar bisa tercipta dan berjalan dengan baik di lingkungan rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI ini. 

Seperti diketahui, Menteri Kesehatan RI Ir Budi Gunadi Sadikin CHFC CLU telah meluncurkan enam transformasi sistem kesehatan di Indonesia. Yaitu, transformasi layanan primer, tranformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

“Kemenkes sedang giat-giatnya meluncurkan program transformasi sistem kesehatan. Ada enam, kita masuk dalam tranformasi yang kedua, yaitu transformasi layanan rujukan. Tahun ini kita mengambil tema transformasi sistem kesehatan untuk mendukung program Kemenkes tersebut agar terwujud di lingkungan RSUP HAM,” ucap dr Zainal dalam sambutannya.

Bentuk dukungan dari RSUP HAM terhadap transformasi sistem kesehatan ini ditandai dengan pencanangan dan penandantanganan komitmen bersama. Hal ini sekaligus menjadi bentuk kesiapan menyongsong akreditasi rumah sakit yang segera akan dijalani oleh rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini pada akhir tahun 2022 nanti.

Puncak perayaan HUT ke-29 RSUP HAM ini sendiri juga diramaikan dengan kegiatan bazar. Dr Zainal bersama jajaran direksi, Ketua Dharma Wanita Persatuan RSUP HAM dr Cherry Siregar MKes MKedClin SpMK dan sejumlah panitia yang diketuai oleh dr Maliana MKes berkesempatan mengunjungi seluruh stan bazar setelah membuka secara resmi. Kemudian, acara puncak dilanjutkan dengan kegiatan seremonial. Pada kesempatan tersebut, Komite Mutu dan Keselamatan Pasien memberikan apresiasi kepada unit kerja terbaik dalam pelaporan Indikator Kinerja Program (IKP) di lingkungan RSUP HAM.

Acara seremonial ini juga diwarnai pelepasan balon ulang tahun dari jajaran direksi dan hiburan. Sebelumnya, perayaan HUT ke-29 RSUP HAM juga diisi dengan beragam kegiatan sejak tanggal 21 Juli 2022. Di antaranya perlombaan, seperti turnamen sepak bola, pertandingan badminton dan tenis meja, lomba fotografi, dan lomba paduan suara. Pengumuman para pemenang lomba beserta penyerahan hadiah disampaikan pada acara puncak ini. Selain itu, juga dilaksanakan berbagai kegiatan lainnya untuk menyemarakkan perayaan HUT ke-29 RSUP HAM ini. Seperti, senam gembira, kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan kesehatan dan aksi donor darah di beberapa lokasi termasuk di luar rumah sakit, pemeriksaan kesehatan di stan bazar, serta seminar ilmiah keperawatan.