Kamis, 11 Agustus 2022 10:33 WIB

PKJN RSJMM Sukses Gelar Webinar Internasional

Responsive image
Rianto Humas - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor
107

BOGOR – Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ dr. H. Marzoeki Mahdi (PKJN RSJMM) Bogor sukses menggelar webinar internasional bertajuk Transformasi Kesehatan Jiwa di Indonesia secara hybrid, Rabu (10/8/2022). 

Webinar tersebut dihadiri langsung Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono sebagai keynote speaker dan dibuka secara langsung oleh Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Murti Utami. 

“Dalam transformasi kesehatan, fokus kesehatan jiwa berada di pelayanan primer dan rujukan untuk mendapatkan sistem informasi yang penting, dan sistem coverage yang baik di tingkat populasi. Rumah sakit jiwa juga perlu mengubah fokus pelayanan ke kenyamanan dan kualitas hidup pasien bukan keamanan seperti yang dulu kita kerjakan dalam pelayanan-pelayanan yang konvensional,” ujarnya.

Sebanyak enam ahli bidang kesehatan jiwa dari Indonesia dan luar negeri menjadi narasumber pada webinar internasional ini. Di diskusi panel pertama, Direktur Kesehatan Jiwa Kemenkes RI R. Vensya Sitohang, Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI Siti Khalimah, dan Plt. Direktur Utama PKJN RSJMM Fidiansjah bertindak sebaga narasumber. Sedangkan pada diskusi panel kedua, yang menjadi narasumber adalah Head of Global and Cultural Mental Health Unit University of Melbourne, Harry Minas, Senior Consultant Psychiatrist Hospital Selayang Ministry of Health Malaysia, Datoo Noorhayati Ali, dan Director of the International Mental Health Training Program Harvard University Byron, Joseph Good. 

Lebih dari 700 peserta mengikuti webinar ini melalui aplikasi Zoom dan Youtube. Webinar ini merupakan rangkaian HUT ke-140 PKJN RSJMM.