Kamis, 11 Agustus 2022 10:29 WIB

Wakil Menteri Kesehatan Kunjungi PKJN RSJMM

Responsive image
(Hukormas/R) - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor
73

BOGOR – Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono, mengunjungi Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ dr. H. Marzoeki Mahdi (PKJN RSJMM) Bogor untuk memberikan keynote speech pada Webinar Internasional bertajuk Transformasi Kesehatan Jiwa di Indonesia yang dilaksanakan secara hybrid di Ruang Papandayan PKJN RSJMM, Bogor, Rabu (10/8/2022).

Dalam keynote speech-nya, Dante mengatakan bahwa rumah sakit merupakan pilar penting dalam transformasi kesehatan jiwa, maka, rumah sakit jiwa juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanannya. 

“Dalam transformasi kesehatan, fokus kesehatan jiwa berada di pelayanan primer dan rujukan untuk mendapatkan sistem informasi yang penting, dan sistem coverage yang baik di tingkat populasi. Rumah sakit jiwa juga perlu mengubah fokus pelayanan ke kenyamanan dan kualitas hidup pasien bukan keamanan seperti yang dulu kita kerjakan dalam pelayanan-pelayanan yang konvensional,” ujarnya. 

Transformasi kesehatan akan berhasil jika rumah sakit melaksanakan fungsi pengampuan. Tujuannya, agar rumah sakit dapat saling bahu membahu dalam meningkatkan pelayanan kesehatan jiwanya. 

“RS jiwa vertikal agar segera membuat konsep pengampuan layanan rujukan kesehatan jiwa yang dapat meningkatkan status rumah sakit, (agar) yang tadinya berada di tingkat dasar menjadi madya, yang madya menjadi utama, dan yang utama menjadi paripurna,” pungkasnya. 

Sebelum membuka webinar, Dante juga mengunjungi beberapa tempat di PKJN RSJMM seperti IGD, Klinik Tumbuh Kembang Anak, Ruang Neurofeedback, ruang rawat inap psikiatri, dan ruang rawat inap HIV.