Selasa, 09 Agustus 2022 11:37 WIB

Pelatihan Tata Kelola Manager Pelayanan Pasien (MPP) di Rumah Sakit

Responsive image
Humas RSUP Dr. Kariadi - RSUP dr. Kariadi Semarang
85

SEMARANG - Di era perkembangan teknologi informasi saat ini, Rumah Sakit dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Manager Pelayanan Pasien (MPP) atau case manager merupakan salah satu bagian penting dari rumah sakit yang diharapkan mampu bekerja secara kolaboratif untuk memastikan bahwa pasien dirawat sesuai dengan tingkat asuhan yang tepat. Oleh karena itu RSUP Dr. Kariadi untuk pertama kalinya mengadakan Pelatihan Tata Kelola Manager Pelayanan Pasien (MPP) di Rumah Sakit yang dimulai sejak tanggal 9 hingga 12 Agustus 2022.

Pembukaan acara ini berlangsung di aula gedung diklat RSUP Dr. Kariadi. Dengan jumlah peserta 32 orang, yang terdiri dari beberapa rumah sakit daerah di Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Untuk peserta sendiri sebagian besar adalah perawat, selain itu ada juga unsur bidan, dokter umum, dan dokter spesialis. Sebagai penyelenggara RSUP Dr. Kariadi menghadirkan narasumber internal antara lain adalah Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang, tim dari SPI, YanKep dan MPP RS Kariadi. Dihari terakhir pelatihan direncanakan ada kegiatan Simulasi Case Confren dan Family Confren serta kunjungan lapangan ke ruangan.

dr. Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K), MARS, sebagai Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang yang membuka kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa rumah sakit membutuhkan petugas untuk mengawal pelayanan pasien agar dapat berjalan dengan baik. MPP diharapkan menjadi pengendali layanan kepada pasien sesuai dengan koridor pelayanan yang ada, serta mampu membantu komunikasi dan edukasi kepada pasien, dan menjadi jembatan antara pasien dengan PPA, pihak penjamin dan pihak lainnya yang berkepentingan. Di akhir sambutannya beliau mengatakan bahwa RSUP Dr. Kariadi tetap membuka komunikasi kepada rumah sakit lain untuk bisa bertukar pikiran dan berharap semoga pelatihan selama 4 hari ini dapat memiliki manfaat yang sebesar-besarnya.