Senin, 08 Agustus 2022 09:47 WIB

Donor Darah Bersama Komunitas O.B.AB.A dan Warga Jatibarang

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
313

SEMARANG - Dengan menerjunkan dua tim sekaligus, Unit Transfusi Darah RSUP Dr. Kariadi, pada hari Minggu tanggal 7 Agustus 2022, melakukan kegiatan sosial donor darah di 2 tempat yang berbeda. Bekerjasama dengan Komunitas O.B.AB.A, kegiatan donor darah pertama dilakukan di Masjid Al Hidayah, Jl. Pandansari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. Sementara itu kegiatan donor darah kedua yang berlokasi di Kelurahan Jatibarang merupakan kerjasama dengan KKN 22 dan KSR Unit-Universitas Wahid Hasyim.

Aksi kegiatan donor darah ini mendapatkan sambutan yang baik dari seluruh komponen yang terlibat. Bersama komunitas O.B.AB.A, kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan guna penyediaan kebutuhan darah bagi pasien ini, berhasil mendapatkan 51 pendonor. Sedangkan di Kelurahan Jatibarang, sebanyak 32 peserta mengikuti kegiatan donor darah. Dari pantauan di lapangan, beberapa calon pendonor gagal mendonorkan darahnya karena tidak lolos tes kesehatan awal. Rata-rata penyebabnya karena masih mengkonsumsi obat tertentu, HB rendah dan masih dalam kondisi datang bulan untuk calon pendonor perempuan. 

Melihat antusiasme dari para pendonor, kedepan Unit Transfusi Darah RSUP Dr. Kariadi bersama tim Hukum, Organisasi dan Humas akan kembali menggiatkan kegiatan sosial donor darah dan lebih meningkatkan kerjasama dengan berbagai instansi, kesatuan, dan komunitas yang ada di masyarakat.