Jumat, 05 Agustus 2022 13:23 WIB

Rangkaian Kegiatan Pekan Menyusui Tahun 2022 di RSUP Dr. Kariadi

Responsive image
25 kali
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang

SEMARANG - Tanggal 7 Agustus diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia atau Pekan Menyusui. Adanya perayaan ini bertujuan untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak atau bayi akan kebutuhan asi hingga berusia 24 bulan atau lebih. Pada tahun 2022, dengan tema “Step Up for Breastfeeding Educate and Support”, RSUP Dr. Kariadi mengadakan sejumlah kegiatan, antara lain membuat video edukasi tik tok Pekan Menyusui 2022, mendesain banner Pekan Menyusui, Melakukan penyuluhan melalui edukasi kepada pasien dan menyelenggarakan Seminar Kesehatan Online Pekan Menyusui dengan tema “Melangkah Untuk Menyusui: Mendidik dan Mendukung”.

Kegiatan Pekan Menyusui ini berlangsung sejak tanggal 1 Agustus hingga 7 Agustus 2022, dan melibatkan dokter, perawat, serta bidan. Di salah satu kegiatannya yaitu Edukasi Kesehatan oleh bidan, dilaksanakan di beberapa tempat antara lain di selasar poli anak dan poli kandungan Instalasi Rawat Jalan, Poli Obgyn dan Anak Instalasi Eksekutif, serta Poli Tumbuh Kembang Instalasi Geriatri dan Rehabilitasi Medik. 

Sementara itu Rangkaian Kegiatan Pekan Menyusui ditutup dengan Seminar Kesehatan Online yang menghadirkan 3 orang narasumber yaitu dr. Arsita Eka Rini, M.Si.Med, Sp.A(K) dengan materi “Pemberian Minum Pada Bayi Baru Lahir Untuk Tumbuh Kembang Optimal di Awal Kehidupannya”, Dr. dr. Fitri Hartanto, Sp.A(K) dengan materi “Kesiapan Orangtua Menentukan Keberhasilan Meng-Asihi”, dan bidan Puspita Nur Cahyani, S.Tr.Keb, Bd dengan materi “Strategi Menghadapi Tantangan Menyusui”. Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi, drg. Farichah Hanum, M.Kes yang membuka seminar ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa menyusui merupakan investasi bagi tumbuh kembang bayi, dan keberhasilan proses menyusui bukan hanya tergantung pada ibu, tetapi juga ayah, keluarga terdekat dan lingkungan sekitar. 

Semua hambatan dalam meyusui harus dicarikan solusi. Terakhir beliau berharap agar kegiatan Seminar Kesehatan Online dalam rangka Pekan Menyusui ini bermanfaat bagi seluruh sahabat sehat RSUP Dr. Kariadi.