Rabu, 03 Agustus 2022 08:05 WIB

RSUP HAM dan Dinkes Sumut Launching Vaksinasi COVID-19 Booster Kedua Bagi Nakes

Responsive image
(humas/ade) - RSUP H. Adam Malik Medan
356

MEDAN - Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Dinkes Sumut) meluncurkan secara resmi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 booster kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) pada Selasa (02/08/2022). Penyuntikan vaksinasi COVID-19 booster kedua bagi nakes ini merupakan yang pertama di Sumut, dan dilaksanakan di Gedung Paviliun, Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP HAM.

Dalam sambutannya, Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinkes Sumut dan seluruh pihak yang terlibat, terutama kepada para nakes yang sudah berpartisipasi dalam vaksinasi booster kedua ini.  

“Terima kasih sudah ada antusias yang besar. Kita yang pertama di Sumut. Hari ini dengan Dinkes Sumut kita me-launching vaksinasi booster kedua untuk Sumut,” ucap dr Zainal. Sedangkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sumut dr Syarifah Zakia MKes, mewakili Kepala Dinkes Sumut drg Ismail Lubis MM, berharap pelaksanaan vaksinasi booster kedua untuk nakes di RSUP HAM ini bisa menjadi tolok ukur di Sumut. “Ini sebagai contoh untuk rumah sakit lainnya. Sehingga hari ini dan berikutnya kita akan adakan terus booster kedua di semua kabupaten/kota,” kata dr Syarifah.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 booster kedua ini dilakukan sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Nomor HK.02.02/C/3615/2022 tanggal 28 Juli 2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Kedua bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan. Vaksinasi ini sudah mulai dilakukan sejak Jumat, 29 Juli 2022 dengan ketentuan interval waktu 6 (enam) bulan setelah vaksinasi booster pertama.

Di RSUP HAM sendiri ada sebanyak 1.899 nakes yang telah menjalani vaksinasi COVID-19 booster pertama, dan sudah bisa menerima vaksinasi booster kedua. Untuk pelaksanaan vaksinasi pada hari pertama, Tim Vaksinasi COVID-19 RSUP HAM menyediakan 250 dosis menggunakan vaksin Moderna, sama seperti yang digunakan pada vaksinasi booster pertama bagi nakes di lingkungan rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini. 

Dr Zainal pun berharap seluruh nakes, tidak hanya di RSUP HAM, melainkan juga di Sumut khususnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya, agar dapat menjalani vaksinasi booster
kedua COVID-19 ini sesuai dengan arahan pemerintah. “Kepada seluruh tenaga medis agar bisa mengikuti booster yang kedua ini. Karena memang sudah terbukti dari booster yang pertama itu sangat menaikkan imun kita,” ujar dokter spesialis tersebut menambahkan. 

Dalam hari pertama pelaksanaan vaksinasi COVID-19 booster kedua bagi nakes di RSUP HAM ini, para dokter spesialis dan perawat tampak antusias untuk mengikutinya. Di antaranya terlihat pula Ketua Tim Vaksinasi COVID-19 RSUP HAM dr Zuhrial Zubir SpPD K- AI juga ikut menjalani vaksinasi booster kedua ini bersama dengan para dokter spesialis lainnya. Vaksinasi COVID-19 booster kedua ini akan terus dilakukan setiap hari sesuai dengan aturan. 

Sementara itu, acara peluncuran pelaksanaan vaksinasi COVID-19 booster kedua bagi nakes di RSUP HAM ini turut dihadiri oleh Direktur Perencanaan, Keuangan dan BMN RSUP HAM Supmo SE MKes, Kepala Instalasi Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP HAM drg Ateta MARS, Sekretaris Tim Vaksinasi COVID-19 RSUP HAM drg Helena Surbakti MKes, dan jajaran manajemen RSUP HAM, serta rombongan perwakilan Dinkes Sumut.