Jumat, 29 Juli 2022 15:09 WIB

RSUP HAM Pamerkan Layanan Jantung di Pekan Inovasi & Investasi Sumut 2022

Responsive image
Humas/ Ade - RSUP H. Adam Malik Medan
689

MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) memamerkan layanan unggulan jantung dalam Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara (Sumut) 2022 pada Rabu-Jumat, 27-29 Juli 2022. Even tahunan berupa pameran tersebut digelar oleh Pemerintah Provinsi Sumut selama tiga hari, di mana pada tahun ini dipusatkan di kawasan Danau Toba, tepatnya di Pagoda Open Stage Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumut.

RSUP HAM melalui Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit (PKPRS) menampilkan layanan jantung dalam pameran tersebut. Layanan dari Instalasi Pusat Jantung Terpadu (PJT) RSUP HAM itu merupakan salah satu layanan unggulan dari rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Sumatera bagian utara ini. Selama pameran, para pengunjung dapat memeriksa kesehatan jantungnya di stan RSUP HAM.

Instalasi PJT RSUP HAM sendiri hingga saat ini menyediakan beragam layanan terkait kesehatan jantung. Mulai dari pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap, pelayanan intervensi non bedah (catheterization laboratory), hingga pelayanan bedah jantung (open heart surgery). Di antaranya, tersedia layanan poliklinik kardiologi umum, poliklinik gagal jantung, ICU pasca bedah jantung, percutaneous coronary intervention (PCI), dan lainnya.

Semua pelayanan jantung di RSUP HAM tersebut sudah terintegrasi dalam satu gedung pelayanan, yaitu Pusat Jantung Terpadu. Layanan unggulan ini didukung dengan SDM (sumber daya manusia) kesehatan terbaik, mulai dari dokter spesialis jantung dengan beragam keahlian hingga perawat mahir dalam pelayanan jantung. Selain itu, dilengkapi pula peralatan medis terkini, serta ruang pelayanan termasuk kamar operasi dan rawat inap.

Layanan Pusat Jantung Terpadu juga menjadi layanan unggulan RSUP HAM dalam program Medan Medical Tourism yang baru diluncurkan oleh Pemerintah Kota Medan. Rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini terpilih dan telah ditetapkan sebagai salah satu Rumah Sakit (RS) Pelayanan Wisata Medis bersama 11 RS lainnya di Kota Medan untuk mendukung program Medan Medical Tourism, setelah menjalani verifikasi oleh Kemenkes RI.

Sementara itu, Pekan Inovasi dan Investasi Sumut 2022 merupakan gelaran yang ke-8. Even ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut Arief Sudarto Trinugroho. Even ini bertujuan untuk mendorong kemitraan investor dan UMKM guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sedangkan bagi peserta pameran, even ini menjadi ajang untuk promosi kepada masyarakat.

Berdasarkan informasi panitia, Pekan Inovasi dan Investasi Sumut 2022 diikuti sebanyak 70 peserta dari berbagai institusi. Mereka berasal dari pihak swasta, BUMN/BUMD, perbankan, dekranasda kabupaten/kota se-Sumut, serta instansi lainnya, termasuk sejumlah rumah sakit. Pada acara pembukaan, Rabu (27/07/2022), turut hadir para pejabat dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumut.