Kamis, 28 Juli 2022 10:55 WIB

IHT PPI untuk Cleaning Service di RSPR

Responsive image
(HH/Tim Humas) - RS Paru dr.H.A. Rotinsulu Bandung
722

BANDUNG - Rabu tanggal 27 Juli 2022 Rumah Sakit Paru Dr. H. A. Rotinsulu (RSPR) menyelenggarakan In House Trainning (IHT) Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) bagi pegawai outsourcing Cleaning Service (CS) di RSPR. IHT bertujuan untuk memberikan edukasi pencegahan dan pengendalian infeksi kepada para personil cleaning service yang bertugas di lingkungan rumah sakit.

Tugas CS sebagai penanggung jawab kebersihan area rumah sakit sangat rentan dan berisiko terpapar infeksi terutama di ruangan pelayanan yang infeksius. Sehingga para CS harus dibekali dengan pengetahuan dan kesadaran pentingnya memahami apa itu pencegahan dan pengendalian infeksi.

Kepala Instalasi, Kesling dan K3RS, Yudi Cahyadi, SKM mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan bekerja sama dengan Pengembangan dan Diklit rumah sakit. “Tujuannya tentu untuk edukasi atau pun merefresh kembali pengetahuan CS tentang pentingnya PPI di lingkungan rumah sakit selama mereka bekerja”ujarnya.

Yudi menambahkan, tugas CS cukup sering dan rentan bersinggungan dengan benda-benda infeksius terutama di ruangan pelayanan pasien. Misalnya tumpah B3, limbah medis, dan sampah medis infeksius. Dengan pembekalan PPI dan aplikasinya diharapkan CS bisa melindungi diri sendiri dan rekan kerja nya dari risiko terpapar infeksi selama bekerja.

IHT PPI ini juga dalam rangka merefresh kembali, tidak hanya CS tapi nantinya semua pegawai wajib
mengetahui tentang PPI terutama dalam rangka persiapan rumah sakit menghadapi re-akreditasi di
akhir tahun 2022 ini.