Rabu, 27 Juli 2022 15:47 WIB

Kegiatan Parade Penelitian di RSUP Dr. Kariadi

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
434

SEMARANG - RSUP Dr. Kariadi sebagai rumah sakit Pendidikan dan rumah sakit vertikal tipe A milik Kementerian Kesehatan memiliki misi menyelenggarakan pelayanan, pendidikan, penelitian kesehatan yang bermutu dan berorientasi pada keselamatan pasien dan lingkungannya. Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Rabu, 27 Juli 2022 diadakan kegiatan Parade Penelitian yang dibagi menjadi Presentasi Oral dan Presentasi Poster. Kegiatan Presentasi Oral dilaksanakan di Aula gedung penunjang lantai 6, sedangkan Presentasi Poster dilakukan di gedung penunjang lantai dasar.

Parade Penelitian ini dilakukan dengan metode luring dan daring yang dapat disaksikan lewat aplikasi zoom meeting & youtube @rskariadi. Terdapat 21 peserta yang mengikuti Presentasi Poster dan 9 peserta mengikuti Presentasi Oral. Dr. dr. Omega Mellyana, Sp.A(K) sebagai ketua penyelenggara dalam laporannya mengatakan bahwa peneliti-peneliti yang mengikuti parade penelitian ini merupakan DPJP RSUP Dr. Kariadi yang mendapatkan hibah dan reward publikasi penelitian dari RSUP Dr. Kariadi. Dari Presentasi Oral nantinya akan dipilih 2 peserta terbaik dari kelompok dokter dan 2 peserta terbaik dari kelompok perawat. Sedangkan dari Presentasi Poster akan diambil 1 yang terbaik dari masing-masing kelompok dokter dan perawat.

Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi, drg. Farichah Hanum, M.Kes, yang membuka acara ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa sesuai dengan PP No.93 Tahun 2015 tentang Rumah Sakit Pendidikan, ada beberapa fungsi yang harus dilakukan, antara lain adalah melaksanakan penelitian translasional dan / atau penelitian dibidang ilmu dan teknologi kedokteran, kedokteran gigi, dan kesehatan lainnya. Selain itu juga mengembangkan penelitian dengan tujuan untuk kemajuan pendidikan kedokteran, serta mengembangkan kerjasama dengan pelaku industri. Beliau juga berharap Parade Penelitian ini menjadi pintu pembuka untuk diikuti kegiatan penelitian yang lain. Dan dari hasil-hasil penelitian yang ada harus dilakukan diseminasi baik pada lingkungan internal maupun eksternal agar dapat memberikan manfaat, menambah wawasan, pengetahuan, serta pemahaman.