Selasa, 26 Juli 2022 19:25 WIB

Kementerian Kesehatan Launching Platform SATUSEHAT

Responsive image
rfs/ant - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
1349

JAKARTA - Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU meluncurkan Indonesia Health Services (IHS) sebagai platform transformasi dan integrasi data layanan kesehatan nasional dengan nama "SATUSEHAT", pada Selasa, 26 Juli 2022. Peluncuran Platform SatuSehat merupakan upaya Kementerian Kesehatan menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik melalui transformasi digital. Menjadi salah satu upaya Kementerian Kesehatan RI dalam mentransformasikan layanan kesehatan melalui digitalisasi, SATUSEHAT merupakan sebuah platform konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung integrasi antar aplikasi dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). 

Peluncuran Platform Indonesia Health Services (IHS) atau SatuSehat, turut dihadiri oleh Perwakilan Kementerian dan Lembaga, antara lain Wakil Ketua Komis IX DPR-RI, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Direktur Utama BPJS Kesehatan, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan, Kependudukan Kemenko PMK, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, dan Plt Sekretaris Utama Badan POM.

Dengan adanya Platform SatuSehat Nantinya, pasien tidak perlu berulang-ulang mengisi formulir baru saat berpindah fasyankes. Selain itu, pasien juga bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatannya secara lebih transparan. Karena resume rekam medis di rumah sakit dicatat dan direkam secara digital dengan aman melalui persetujuan (consent) pemilik data.

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Menteri Kesehatan RI yang menyatakan "Peluncuran Platform SatuSehat sejalan dengan rencana Kemenkes RI dalam mentransformasikan PeduliLindungi menjadi aplikasi kesehatan masyarakat. Jadi manfaatnya akan semakin berkembang dari yang semula untuk penanganan pandemi bertransformasi menjadi lebih luas lagi."

Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan drg. Murti Utami, MPH, QGIA, CGCAE, dalam paparannya perihal Dukungan Direktorat Pelayanan Kesehatan dalam Integrasi IHS, menyatakan "Harapannya dari Implementasi Indonesia Health Services (IHS) atau SatuSehat ini adalah adanya standarisasi data sehingga seluruh data-data kesehatan dapat dintegrasikan dalam satu plartform, yang nantinya semua Rumah Sakit dapat mengintegrasikan SIMRS nya dengan IHS demikian juga dengan Sistem Informasi di Fasyankes lainnya, serta dapat diterapkannya Rekam Medis Elektronik (RME) di Seluruh Fasilitas Kesehatan. Dengan ini diharapkan  dengan standarisasi data yang ada dapat memudahkan dalam proses pelayanan kesehatan seperti sistem rujukan pasien antar faskes, efesiensi dan efektifitas pelayanan kesehatan."