Senin, 18 Juli 2022 13:04 WIB

Nota Kesepahaman Akses Yankes dan Peluang Pasar Wisata Medis

Responsive image
Humas - RS Kanker Dharmais Jakarta
214

JAKARTA - Bertempat di ruang Auditorium Pusat Kanker Nasional RS Kanker Dharmais (05/07/2022) dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara RS Kanker Dharmais sebagai Pusat Kanker Nasional dan PT Garuda Indonesia sebagai National Flag Carrier  yang berkomitmen berkolaborasi dalam mengoptimalkan akses layanan kesehatan kanker dan peluang pasar wisata medik.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Utama RS Kanker Dharmais dr. R. Soeko W. Nindito D., MARS, bersama dengan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Dalam sambutannya dr. Soeko berharap seluruh masyarakat di pelosok Indonesia dapat memperoleh layanan RS Kanker Dharmais dibantu dengan jaringan rute dan konektifitas yang dimiliki oleh National Flight Carrier kebanggaan Bangsa kita Garuda Indonesia. 

dr. Soeko juga mengungkapkan kegembiraannya dengan adanya kolaborasi ini akan mendukung tugas RS Kanker Dharmais  sebagai Pusat Kanker Nasional dalam membangun jejaring layanan kanker. Seperti pada tanggal 7 Juli 2022 lalu, RS Kanker Dharmais sudah dapat menerima rujukan sampel jaringan pasien kanker dari RSUP Kandau Manado ke RS Kanker Dharmais.

dr. Soeko menjelaskan sampel atau spesimen laboratorium merupakan salah satu barang medis memerlukan penanganan khusus dalam proses pengirimannya, sehingga handling, packing dan sensitifitas terhadap suhu merupakan hal penting untuk dijaga selama proses pengiriman. Dengan kolaborasi ini diharapkan ke depannya akan memudahkan pelayanan kesehatan, transportasi medis, dan pengembangan pengobatan kanker dari dan untuk seluruh Rumah Sakit di Indonesia. Sehingga layanan RS Kanker Dharmais sebagai Pusat Kanker Nasional dapat menjangkau masyarakat di seluruh wilayah NKRI.

Sedangkan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan bahwa langkah kolaborasi Garuda bersama dengan RS Kanker Dharmais kali ini, turut menjadi wujud komitmen berkelanjutan kami sebagai national flag carrier yang senantiasa hadir menyediakan layanan penerbangan yang aman, nyaman, dan sehat, khususnya bagi para tenaga kesehatan dan sektor pelayanan rumah sakit yang memiliki peranan esensial di tengah masa pandemi ini. 

"Hal ini juga menjadi komitmen keberlanjutan kami dalam memastikan pemerataan layanan dan fasilitas kesehatan nasional dapat terus dioptimalkan, salah satunya melalui kolaborasi Garuda Indonesia dan RS Kanker Dharmais yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah khususnya bagi para pasien kanker yang berada di berbagai wilayah di Indonesia dengan berbagai dukungan layanan penerbangan kami seperti seperti pengiriman sample untuk keperluan pemeriksaan laboratorium,  pengiriman kargo layanan kesehatan penunjang dan terutama untuk memberikan aksesibilitas berupa pelayanan konektivitas udara yang maksimal bagi stakeholder layanan kesehatan kanker termasuk pasien," jelas Irfan.

Dalam penandatanganan kerja sama ini Garuda Indonesia akan menyediakan layanan penerbangan untuk mendukung kebutuhan perjalanan bagi Rumah Sakit Kanker Dharmais baik untuk internal manajemen dan karyawan maupun kebutuhan eksternal seperti pasien melalui pemberian harga khusus untuk perjalanan domestik dan internasional (special net coporate fares), priority reservation, dedicated corporate check-in counter, hingga fleksibilitas untuk reschedule atau refund tiket.