Selasa, 12 Juli 2022 12:56 WIB

RSUP HAM Rayakan Idul Adha 1443 H dengan Pemotongan Hewan Kurban

Responsive image
Humas/Ade - RSUP H. Adam Malik Medan
270

MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) turut merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022. Peringatan hari raya umat Islam yang disebut juga Hari Raya Kurban ini dilakukan dengan pemotongan hewan kurban di halaman Masjid Nurul Iman RSUP HAM (11/07) .

"Dengan berkurban mari kita tingkatkan rasa ketakwaan kepada Allah SWT, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT", demikian tema peringatan Hari Raya Idul Adha 1443 H di RSUP HAM pada tahun 2022 ini. Sebanyak 27 ekor hewan kurban disembelih dalam perayaan ini. Hewan kurban tersebut terdiri dari 12 ekor sapi dan 15 ekor kambing.

Semuanya dikurbankan oleh para pegawai rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan ini dalam rangka menjalankan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 H tahun 2022. Direktur Utama RSUP HAM dr. Zainal Safri, Sp.PD-KKV, Sp.JP(K) bersama para direksi dan jajaran manajemen lainnya juga turut berpartisipasi sebagai peserta kurban kali ini.

Proses pemotongan hewan kurban dimulai sejak pagi di halaman belakang Masjid Nurul Iman RSUP HAM, dikoordinir oleh Majelis Kegiatan Rohani Islam (MKRI) RSUP HAM dan Badan Kenaziran Masjid (BKM) Nurul Iman RSUP HAM. Para pegawai bertugas sebagai panitia bersama dengan tukang potong hewan, mulai dari proses penyembelihan, pengulitan, pemotongan daging, hingga penyaluran daging kurban kepada para penerimanya.

Jajaran direksi RSUP HAM dipimpin dr Zainal turut hadir dalam proses pemotongan hewan kurban ini. Mereka menyempatkan diri menyaksikan penyembelihan hewan kurban dan mengobrol dengan para panitia kurban yang bertugas. Kemudian, pada siang hari, setelah salat Zuhur, jajaran direksi dan manajemen bersama seluruh panitia dan pegawai Muslim RSUP HAM melaksanakan makan bersama di Masjid Nurul Iman RSUP HAM.

Pembagian daging kurban sendiri dilakukan setelah makan bersama. Daging kurban yang sudah dikemas tersebut dibagikan kepada para pegawai kontrak RSUP HAM dan masyarakat Muslim di sekitar rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini.

Sebelumnya BKM Nurul Iman RSUP HAM juga menggelar pelaksanaan Salat Hari Raya Idul Adha di Masjid Nurul Iman RSUP HAM bertepatan dengan tanggal 10 Zulhijah 1443 H. Salat Id ini diikuti oleh sejumlah pegawai RSUP HAM dan masyarakat Muslim di sekitar rumah sakit.