Rabu, 06 Juli 2022 16:07 WIB

Sinergi Kemenkes, HMA, dan PERSI Perkuat Layanan Kesehatan Digital Indonesia

Responsive image
71 kali
Humas Yankes - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

JAKARTA – Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan, drg. Murti Utami, MPH, QGIA, CGCAE membuka Pertemuan bertajuk Digitize Healthcare Indonesia 2022 yang merupakan kerjasama antara Hospital Management Asia (HMA), Kementerian Kesehatan RI dan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI).  Turut hadir dalam acara ini sebagai narasumber Ketua PERSI, Kepala Digital Transformation Officer (DTO) Kementerian Kesehatan RI (06/07) .

Pertemuan ini merupakan ajang koordinasi pembahasan kesehatan digital yang  melibatkan berbagai sektor yang mendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan digital di Indonesia. Mereka yang hadir meliputi para perwakilan dari para pimpinan rumah sakit, praktisi kesehatan, organisasi kesehatan, akademisi, pengembang layanan kesehatan digital dan perusahaan teknologi kesehatan.

Pembahasan pada pertemuan ini sejalan dengan kebijakan baru yang tengah dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI tentang Reformasi Kesehatan dengan enam pilar transformasi kesehatannya, meliputi transformasi pelayanan kesehatan primer, pelayanan kesehatan rujukan, system ketahanan kesehatan, system pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan dan teknologi kesehatan. 

Diharapkan dengan adanya pertemuan ini, praktik  pelayanan kesehatan yang mengedapankan digitalisasi kesehatan yang lebih efektif, efisien dan mengutamakan keselamatan pasien tentunya, mendapatkan dukungan dari pihak pemerintah maupun swasta. Terlebih pelayanan kesehatan digital mendukung penerepan kebijakan Kementerian Kesehatan RI dalam mewujudkan kesehatan masyarakat Indonesia. ** (DNI/ANT)