Kamis, 23 Juni 2022 09:19 WIB

RSUP HAM Jalani Verifikasi RS Pelayanan Wisata Medis

Responsive image
43 kali
Humas-Ade - RSUP H. Adam Malik Medan

MEDAN Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) menjalani verifikasi sebagai Rumah Sakit Pelayanan Wisata Medis yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI (22/06). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI dr. Siti Khalimah, Sp.KJ, MARS secara virtual dari Jakarta dan dihadiri oleh Direktur Utama RSUP HAM dr. Zainal Safri, Sp.PD-KKV, Sp.JP(K) beserta jajaran di Ruang Pertemuan Gedung Pusat Jantung Terpadu (PJT) RSUP HAM.

Dalam pembukaan sekaligus pemberian arahan, dr Siti menyampaikan bahwa Kemenkes RI sangat mengapresiasi program Medan Medical Tourism yang digagas oleh Pemerintah Kota Medan. Untuk itu, Kemenkes RI akan berupaya untuk pengembangan program wisata medis ini, termasuk di RSUP HAM yang akan menjadi salah satu RS Pelayanan Wisata Medis.

“Kita akan bersama-sama bagaimana kita mengupayakan kesiapan dari RS Pelayanan Wisata Medis di Medan,” ucap dr Siti. Dia pun menyampaikan, Provinsi Sumatera Utara sendiri termasuk satu dari lima provinsi sebagai lokus untuk wisata medis yang akan dikembangkan oleh pemerintah, selain Aceh, Kepulauan Riau, Riau, dan Kalimantan Barat.

Sementara itu, dr Zainal mengatakan manajemen RSUP HAM akan terus menyiapkan diri untuk menjadi salah satu RS Pelayanan Wisata Medis dalam program Medan Medical Tourism. Selain saat ini mengandalkan pelayanan jantung, ke depannya rumah sakit vertikal Kemenkes RI ini juga menyiapkan layanan unggulan lainnya untuk program wisata medis.

“Layanan medical check-up, jantung dan onkologi akan menjadi layanan unggulan kita sebagai RS Pelayanan Wisata Medis. Untuk layanan jantung sudah kita siapkan Pusat Jantung Terpadu. Sedangkan layanan medical chekc-up dan onkologi akan kita pusatkan di Gedung Paviliun (Instalasi Pelayanan Eksekutif),” kata dr Zainal pula dalam sambutannya.

Agenda utama kegiatan ini pun dilanjutkan dengan proses verifikasi RSUP HAM sebagai RS Pelayanan Wisata Medis, baik verifikasi dokumen maupun verifikasi lapangan. Proses verifikasi di RSUP HAM ini dilakukan oleh tim dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI, yang beranggotakan dr Iin Dwi Astuty MKK dan dr Dessy Fardalenawaty.

Verifikasi dokumen dilakukan dengan pemeriksaan dokumen atas persyaratan administratif dan wawancara dengan Tim Kerja RS Pelayanan Wisata Medis. Sedangkan verifikasi lapangan dengan melakukan hospital tour atau mengunjungi layanan publik yang disediakan, termasuk sumber daya manusia, sarana pelayanan, dan peralatan. Verifikasi ini juga dilakukan di enam RS lain yang diusulkan sebagai RS Pelayanan Wisata Medis di Medan.

Dalam acara tersebut, turut hadir pula Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Wilayah Sumatera Utara dr Syaiful M Sitompul MKes, perwakilan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata Kota Medan, Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP HAM Dr dr Fajrinur MKed (Paru) SpP (K), Kepala Instalasi PJT RSUP HAM dr Anggia Chairuddin Lubis MKed (Cardio) SpJP, serta jajaran manajemen RSUP HAM.