Kamis, 16 Juni 2022 06:04 WIB

Peringati Hari Donor Darah Sedunia, DWP Kemenkes Gelar Donor Darah

Responsive image
Humas - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
243

JAKARTA - Rabu tanggal 15 Juni 2022 bertempat di Auditorium Siwabessy Gedung Kementerian Kesehatan ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Ditjen Pelayanan Kesehatan menyelenggarakan Acara Donor Darah untuk pegawai dan umum. Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2022.   Acara dibuka oleh Ibu Mutiara Dante (Dewan Penasihat DWP Kemenkes) bersama Ketua DWP Kemenkes, Ibu Hatipah Kunta Wibawa.dan Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan, drg. Murti Utami, MPH, QGIA, CGCAE. 

Pelayanan donor darah ini dibuka melalui pendaftaran online maupun langsung. Acara ini disambut baik oleh pegawai Kemenkes maupun masyarakat umum. Hingga pembukaan acara, sebanyak 275 calon pendonor telah terdaftar secara online. Pelayanan donor darah ini difasilitasi oleh para petugas dari UTD PMI Pusat dan UTD RSUP Fatmawati Jakarta.

Untuk mendapatkan darah yang aman dan berkualitas, petugas melakukan screening terhadap para calon pendonor. Calon pendonor akan diregistrasi ulang oleh petugas UTD. Selanjutnya akan dilakukan screening kesehatan meliputi cek berat badan, tekanan darah, dan haemoglobin (Hb). Untuk calon pendonor yang memenuhi persyaratan diperkenankan melakukan donor darah. 

Penyelenggara berharap melalui kegiatan ini dapat menarik perhatian masyarakat lebih besar lagi untuk termotivasi mau menyumbangkan darahnya secara sukarela dan rutin sehingga membawa manfaat mulia bagi yang membutuhkan.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga melakukan kunjungan di bilik donor darah. “Apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya saya sampaikan kepada para pendonor darah sukarela dan para tenaga kesehatan dari UTD yang hadir hari ini. Bapak dan Ibu sekalian adalah pahlawan kemanusiaan, semoga mendapatkan balasan Tuhan Yang Maha Esa atas amal yang telah diberikan, “pungkas Menkes.