Jumat, 10 Juni 2022 16:53 WIB

RS Vertikal Diharapkan Bisa Mengampu RS disekitarnya

Responsive image
ikj/rfs - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
955

Jakarta – Bertempat di ruang Siwabessy Kementerian Kesehatan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin didampingi oleh Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono, Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa dan Plt. Dirjen Yankes, drg. Murti Utami menghadiri acara Koordinasi RS UPT Vertikal di Lingkungan Satuan Kerja Direktorat Pelayanan Kesehatan (10/6). Acara yang mengangkat tema meningkatkan Peran RS BLU Kemenkes di Era Transformasi Kesehatan dihadiri juga oleh para direktur rumah sakit vertikal ditjen yankes.

Dalam arahannya menkes meminta tiga hal yaitu agar RS vertikal menjadi rumah sakit yang terbaik di Asean sehingga orang indonesia tidak lagi berobat ke luar negeri melainkan orang luar negeri yang berobat ke indonesia. Selain itu RS vertikal diharapkan bisa mengampu rumah sakit – rumah sakit disekitarnya, dan yang terakhir menkes ingin memperbaiki RS vertikal,  “saya tdk mau orang - orang mengatakan rumah sakit pemerintah itu RS kw 3”, ujar menkes.

Selain itu menkes juga mengungkapkan bahwa “RS vertikal harus bisa memenuhi standar minimal keinginan saya, yaitu memperbaiki layanan medis dan non medis, budaya juga harus diperbaiki, jangan membuat budaya yang tidak sehat, membuat keputusan jangan berdasarkan like and dislike dan budaya kerja yang supportive satu sama lain dan tim work yang baik”, ungkap menkes.