Jumat, 03 Juni 2022 10:04 WIB

Peringatan Hari Bidan Sedunia: “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Dulu, Saat Ini dan Di Masa yang Akan Datang”

Responsive image
et-amc/humas - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
1160

JAKARTA - Sejalan dengan semangat memperingati Hari Bidan Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Mei 2021, Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI) bersama dengan United Nations Population Fund (UNFPA) mengadakan Webinar dengan tema: "Perjalanan Panjang Profesi Bidan Dulu, Saat ini, dan Dimasa yang akan Datang".

Pada hari Kamis tanggal 2 Juni 2022, Ketua umum PPIBI, Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes saat membuka secara resmi  acara peringatan Hari Bidan Sedunia atau International Day of The Midwife, menyampaikan bahwa acara peringatan ini dapat meningkatkan pemahaman bidan dari berbagai pihak dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kebidanan dengan dukungan kebijakan pemerintah dan stake holder terkait.

Penyelenggaraan Hari Bidan Sedunia tahun 2022 bertujuan memperkuat pemahaman tentang sejarah dan perkembangan profesi bidan, meningkatkan dukungan stakeholder dalam rangka pengembangan profesi bidan untuk optimalisasi peran bidan di pelayanan kesehatan, meningkatkan kolaborasi antar profesi, lintas program dan lintas sektor    

Hari Bidan Sedunia ditetapkan oleh International Confederation of Midwives (ICM) sebagai penghormatan dan apresiasi dari peran profesi bidan di seluruh dunia yang diperingati setiap 5 Mei sejak tahun 1991.  Tema internasional yaitu “100 years of progress”, maka Ikatan Bidan Indonesia mengusung tema “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Dulu, Saat ini, dan Dimasa yang akan Datang.”
Tema ini mengingatkan perjalanan panjang perkembangan profesi bidan di seluruh dunia. Khususnya Indonesia, mengingatkan perjalanan panjang dari sejak sebelum penjajahan Belanda, jaman penjajahan Belanda, hingga saat ini. Perjalanan panjang untuk memperkuat profesi bidan demi kesejahteraan ibu dan anak di Indonesia.