Kamis, 02 Juni 2022 16:13 WIB

RSUP HAM Siap Jadi Penyelenggara Wisata Medis di Kota Medan

Responsive image
(humas/ade) - RSUP H. Adam Malik Medan
602

 

MEDAN – Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) menyatakan kesiapan rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan tersebut sebagai salah satu rumah sakit penyelenggara wisata medis di Kota Medan. RSUP HAM termasuk dalam tujuh rumah sakit yang diusulkan dalam Program Medical Tourism atau Wisata Medis yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

Kesiapan RSUP HAM  tersebut disampaikan oleh dr Zainal dalam acara penyerahan Dokumen Penyelenggaraan Wisata Medis RSUP HAM, Kamis (02/06/2022). Kegiatan yang digelar di Pusat Jantung Terpadu RSUP HAM itu dihadiri oleh Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Wilayah Sumatera Utara, dr Syaiful M Sitompul MKes yang menerima dokumen tersebut, untuk selanjutnya disampaikan kepada Pemko Medan.

Medical tourism ini adalah program negara. Program ini kita harus dukung semuanya. RSUP HAM sudah siap untuk mengikuti program medical tourism ini,” ucap dr Zainal dalam kata sambutannya di hadapan para undangan yang hadir. RSUP HAM sendiri mengajukan pelayanan jantung melalui Pusat Jantung Terpadu (PJT) sebagai salah satu layanan unggulan untuk dimasukkan dalam Program Wisata Medis dari Pemerintah Kota Medan ini.

Sementara itu, dr Syaiful menyebut pelayanan jantung memang menjadi salah satu layanan unggulan dari RSUP HAM. “Nanti ada tujuh rumah sakit di Medan (untuk Program Wisata Medis ini). RSUP HAM unggulannya ada pelayanan jantung,” katanya pula menambahkan.

 

Pada kesempatan itu, RSUP HAM juga mempresentasikan pelayanan jantung yang tersedia di rumah sakit terakreditasi Joint Commission International tersebut beserta keunggulannya. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sub Instalasi Rawat Inap dan Intervensi PJT RSUP HAM, dr Abdul Halim Raynaldo SpJP(K) FIHA, mewakili Kepala Instalasi PJT RSUP HAM.

Dalam acara tersebut, turut hadir pula Roida Sitinjak SKM MPH sebagai perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Medan, Destanul Aulia SKM MBA MEc PhD yang nanti akan memimpin Medan Medical Tourism Board, serta Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP HAM Dr dr Fajrinur MKed (Paru) SpP (K) beserta jajaran manajemen RSUP HAM.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan Dokumen Penyelenggaraan Wisata Medis RSUP HAM secara resmi dari dr Zainal selaku Direktur Utama RSUP HAM kepada dr Syaiful sebagai Ketua PERSI Wilayah Sumut, serta foto bersama.