Rabu, 27 April 2022 09:25 WIB

DWP RSUP HAM Ramaikan Peringatan Hari Kartini dengan Beragam Kegiatan

Responsive image
(HumasRSUPHAM/ade) - RSUP H. Adam Malik Medan
241

MEDAN (25/04) – Dharma Wanita Persatuan Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (DWP RSUP HAM) meramaikan peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April dengan beragam kegiatan di lingkungan rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini. Rangkaian acara tersebut digelar oleh kepengurusan DWP RSUP HAM di bawah kepemimpinan Ketua DWP RSUP HAM dr Cherry Siregar MKes MKedClin SpMK beserta jajaran.

Salah satu kegiatan adalah Lomba Merias Wajah bagi para pegawai perempuan atau istri pegawai di lingkungan RSUP HAM, yang dilaksanakan di Aula Gedung Administrasi RSUP HAM pada Senin (25/04/2022). Acara perlombaan ini diikuti oleh sebanyak 19 peserta dengan hadiah berupa trofi, uang tunai dan bingkisan dari sponsor untuk tiga orang pemenang.

Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) bersama jajaran direksi dengan didampingi Ketua DWP RSUP HAM dr Cherry berkesempatan hadir untuk membuka dan menyaksikan kegiatan Lomba Merias Wajah tersebut. Pemenangnya adalah Pesta Sitorus (Instalasi Gawat Darurat) sebagai juara satu, Dizka Ramadani (KSM Bedah) sebagai juara dua, dan Ita Mayasari S Brahmana (Substansi Anggaran) sebagai juara tiga.

Selain itu, ada pula diskusi interaktif melalui media sosial Instagram dalam program Bincang Sehat bertajuk ‘Kesehatan Kulit bagi Wanita Bekerja’ untuk memperingati Hari Kartini. Kegiatan diskusi diisi oleh Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin RSUP HAM, dr Ariyati Yosi SpKK (K) MKed (KK) FINSDV FAADV, yang dipandu Anita Kartika Sari Ginting SKM MPH dari Instalasi Promosi kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit (PKPRS).

Sementara itu, satu-satunya perempuan di jajaran direksi RSUP HAM saat ini, Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP HAM Dr dr Fajrinur MKed (Paru) SpP (K) juga berkesempatan menyampaikan ucapan selamat Hari Kartini bagi para perempuan di seluruh Indonesia. Menurutnya, selain mengurus keluarga, para perempuan juga punya tanggung jawab untuk menyelaraskan banyak hal dan membuatnya lebih seimbang.

“Seperti kata ibu kita Kartini dalam bukunya, kita dapat menjadi manusia sepenuhnya tanpa berhenti menjadi perempuan sepenuhnya. Selamat Hari Kartini terutama untuk perempuan tangguh Indonesia,” ucap dr Fajrinur menyampaikan pesannya.

Sedangkan Ketua DWP RSUP HAM dr Cherry mengatakan perempuan memiliki peran yang sangat beragam di era digital seperti pada saat ini. Oleh karena itu, menurutnya perempuan sebagai seorang ibu, istri, dan juga bagian dari komunitas diharapkan dapat menjadi agen perubahan di dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai ibu, mampu mendidik anak-anaknya untuk dapat menggunakan teknologi secara bijak dan tepat guna, kemudian menciptakan genarasi-generasi tangguh, dan juga sebagai diri pribadi mampu menggunakan teknologi untuk menunjang ketangguhan ekonomi keluarga dan juga menunjang karier suami,” ujar dr Cherry menambahkan.