Selasa, 26 April 2022 14:03 WIB

RSUP HAM Gelar Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama

Responsive image
humas/ade - RSUP H. Adam Malik Medan
179

Medan – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) menggelar kegiatan  peringatan Nuzulul Quran dan buka puasa bersama para pegawai Muslim di lingkungan RSUP HAM, Jumat (22/04/2022). Kegiatan dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan 1443 H ini dilaksanakan di Masjid Nurul Iman RSUP HAM, serta dihadiri dan dibuka langsung oleh Direktur Utama dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) beserta jajaran direksi.

Dalam sambutannya, dr Zainal mengaku bangga karena kegiatan Badan Kenaziran Masjid (BKM) Nurul Iman RSUP HAM semakin ramai. Dia pun berharap, kegiatan-kegiatan kerohanian tersebut tidak hanya dilakukan untuk umat Islam secara umum, tetapi juga diperbanyak untuk internal rumah sakit, termasuk para pegawai dan masyarakat Muslim di lingkungan sekitar rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini.

“Mari bersama-sama kita memakmurkan Masjid Nurul Iman. Dari BKM sekarang sudah semakin banyak kita melakukan kegiatan ke luar. Mungkin ke dalam juga harus kita perbanyak. Sekeliling RSUP HAM juga itu menjadi tanggung jawab kita,” ucap dr Zainal.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Majelis Kegiatan Rohani Islam (MKRI) RSUP HAM Prof Dr dr Ridha Dharmajaya SpBS, sebagai pelaksana kegiatan ini bekerja sama dengan BKM Nurul Iman RSUP HAM, menyampaikan pula bahwa selama bulan Ramadhan 1443 H telah dilaksanakan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah Lomba Tahfidz Anak Sholeh yang diikuti oleh anak-anak pegawai RSUP HAM dan masyarakat di lingkungan sekitar RSUP HAM.

“Kita mengadakan beberapa kegiatan selama Ramadhan, salah satunya lomba tahfidz anak. Ke depannya di kalangan pegawai RSUP HAM juga bisa diadakan lomba tahfidz. Kita berharap MKRI bisa memberikan dampak positif bagi RSUP HAM,” kata Prof dr Ridha pula.

Kegiatan peringatan Nuzulul Quran dan buka puasa bersama dengan tema ‘Al Quran Menjadi Pedoman dan Sumber Inspirasi Menggapai Sukses dalam Kehidupan’ ini diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustaz Dr H Azhari Akmal Tarigan MAg. “Intisari dari Nuzulul Quran adalah kembali kepada pembentukan masyarakat ilmu. Kita semakin dekat dengan Quran untuk mendapatkan petunjuk-petunjuk dari Quran,” ujarnya.

Acara peringatan Nuzulul Quran dan buka puasa bersama keluarga besar RSUP HAM ini turut dihadiri oleh Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP HAM Dr dr Fajrinur MKed (Paru) SpP (K), Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP HAM Drs Jintan Ginting Apt MKes, Ketua Dharma Wanita Persatuan RSUP HAM dr Cherry Siregar MKes MKedClin SpMK, serta jajaran manajemen rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan ini.

Sebelumnya, acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Pengurus BKM Nurul Iman RSUP HAM bersama dengan MKRI RSUP HAM juga sempat menyerahkan bantuan kepada puluhan anak yatim yang dihadirkan di Masjid Nurul Iman RSUP HAM sebelum acara dimulai. Kemudian acara yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ini ditutup dengan doa dan berbuka puasa bersama, serta salat Magrib berjamaah