Rabu, 13 April 2022 10:21 WIB

Tindakan Biopsi Prostat Robotik pada Pasien dengan Kecurigaan Kanker Prostat

Responsive image
Humas – RS Kanker Dharmais - RS Kanker Dharmais Jakarta
614

Sahabat Dharmais, Tim Urologi RS Kanker Dharmais telah melakukan tindakan biopsi prostat robotik (robotic prostate biopsy system) pada pasien dengan kecurigaan keganasan prostat.

Tindakan biopsi prostat robotik pada kanker prostat merupakan tindakan diagnostik yang akurat dalam mendeteksi kanker prostat secara dini, di mana sebelum tindakan biopsi ini pasien akan dilakukan tindakan MRI prostat terlebih dahulu sebagai pedoman menentukan area yang dicurigai terdapat keganasan pada saat dilakukan biopsi prostat.

RS Kanker Dharmais sebagai Pusat Kanker Nasional terus mengembangkan pelayanan deteksi dini dan pengobatan kepada pasien kanker. Untuk tahun 2022 ini, pelayanan kanker prostat menjadi salah satu fokus pengembangan pelayanan di RS Kanker Dharmais.

Prostat merupakan suatu organ kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih yang mengelilingi saluran kemih (urethra). Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat juga berfungsi sebagai penghasil semen, yaitu cairan yang dikeluarkan bersama sperma saat ejakulasi.

Apabila Sahabat Dharmais ingin berkonsultasi dengan Tim Urologi RS Kanker Dharmais, silakan cek jadwal prakteknya di website RS Kanker Dharmais dengan alamat www.dharmais.co.id.

Tim Urologi RS Kanker Dharmais:

• dr. Rachmat Budi Santoso, SpU(K)

• dr. Edward Usfie Harahap, SpU(K)

• dr. Ikhlas Arief Bramono, SpU