Senin, 21 Maret 2022 16:05 WIB

Pengembangan SDM dan Diklit RSPR Selenggarakan Orientasi RS Bagi Mahasiswa Koas dan PKL.

Responsive image
HH/Tim Humas - RS Paru dr.H.A. Rotinsulu Bandung
441

BANDUNG  -  Pengembangan SDM dan Pendidikan Penelitian RSPR melaksanakan orientasi bagi mahasiwa Koas, mahasiswa keperawatan, dan mahasiswa fisioterafi pada Senin, 21 Maret 2022 di ruangan Diklat Rumah Sakit Paru dr. H.A. Rotinsulu Bandung.

Peserta orientasi terdiri dari 8 orang mahasiswa kedokteran (Koas) dari Universitas Kristen Maranatha Bandung, 12 orang mahasiswa DIV Keperawatan dari Poltekkes Kemenkes Bandung, dan 3 orang mahasiswa Fisioterapi dari Universitas Esa Unggul Jakarta.

Kegiatan orientasi merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti mahasiswa sebelum melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di RSPR. Dalam orientasi para peserta mendapatkan materi seputar Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit (K3RS), Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KPRS), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), dan tentang kewenangan klinis.

Subkoordinator Pengembangan SDM dan Diklit RSPR, Rina, S.Si., M.Kes menyampaikan, orientasi wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa sebelum melaksanakan praktik kerja lapangan di RSPR. Meskipun di kampus masing-masing misalnya sudah diberikan orientasi, tapi mereka tetap wajib mengikuti orientasi yang diadakan oleh rumah sakit. “Orientasi penting untuk memberikan gambaran target kompetensi yang akan dicapai oleh mahasiwa. Juga penting dalam membangun awareness kewenangan klinik karena mereka di lapangan akan beriteraksi dengan pasien”, ujar Rina.

Ia menambahkan, meskipun mereka didampingi oleh pembimbing, pemahaman terhadap kewenangan klinis dan regulasi-regulasi yang berkaitan dengan hak-hak dan keselamatan pasien harus mereka pahami dan patuhi di lapangan sebelum melaksanakan PKL.***