Senin, 07 Februari 2022 10:23 WIB

Radical Histerektomi pada Kanker Serviks Stadium 1B 2 dan Limfadenektomi

Responsive image
Humas - RS Kanker Dharmais Jakarta
1040

JAKARTA - Sahabat Dharmais, baru-baru ini Kami menyambangi ruang tindakan bedah Instalasi Bedah Sentral RS Kanker Dharmais, dan saat itu Tim Ginekologi Onkologi dr. Widyorini Lestari Hutami Hanafi, Sp.OG (K) sedang melakukan tindakan radical histerektomi pada kanker serviks stadium 1B 2 dan limfadenektomi. 


Dihubungi usai melakukan tindakan pembedahan, melalui sambungan telepon selular, dr. Winni biasa kami menyapanya menjelaskan bahwa “tadi saya melakukan tindakan operasi radical histerektomi pada kanker serviks stadium 1B 2 dan limfadenektomi yaitu pengangkatan kelenjar getah bening pelvik yang dilanjutkan melakukan tindakan tranposisi ovarium yaitu pemindahan posisi ovarium pada usia muda, dengan tujuan apabila harus dilakukan radiasi maka ovarium tidak ikut terkena radiasi sehingga menghindari menopause dini”. 

dr. Winni juga mengatakan bahwa kanker serviks masih menempati rangking kedua penyakit kanker pada wanita di Indonesia setelah kanker payudara. 

Kanker serviks itu disebabkan oleh apa sih dok?
Kanker serviks disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV), namun kanker serviks dapat dicegah dengan rutin melakukan skrining kanker serviks setiap tahun, ucap dr. Winni diakhir pembicaraan kami.

Sahabat Dharmais, untuk itu mari kita lebih awareness dengan melakukan Deteksi Dini Kanker Serviks di RS Kanker Dharmais, dan apabila Sahabat Dharmais ingin berkonsultasi dengan Tim Ginekologi Onkologi RS Kanker Dharmais, cek jadwal prakteknya di website RS Kanker Dharmais dengan alamat https://dharmais.co.id 

Tim Ginekologi Onkologi RS Kanker Dharmais:

  • dr. Widyorini Lestari Hutami Hanafi, Sp.OG(K)
  • dr. Nasdaldy, Sp.OG
  • dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG(K)
  • dr. Veinardi Madjid, Sp.OG
  • dr. Johan Ricardo, Sp.OG
  • dr. Rendy Indraprana, Sp.OG