Senin, 07 Februari 2022 10:17 WIB

Pelatihan Penanganan Obat Kanker (Handling Cytotoxics) Di RS Kanker Dharmais

Responsive image
Humas - RS Kanker Dharmais Jakarta
1211

JAKARTA - Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI No. HK.01.07/Menkes/531/2017 bahwa RS Kanker Dharmais ditetapkan sebagai Pusat Kanker Nasional, dengan salah satu point misinya yaitu “Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang kanker”, maka dengan itu RS Kanker Dharmais melalui Substansi Pendidikan dan Penelitian rutin melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan di bidang kanker bagi para tenaga kesehatan.

Seperti pelatihan yang baru saja selesai dilaksanakan, yaitu pelatihan “Penanganan Obat Kanker atau Handling Cytotoxics, yang diselenggarakan di Ruang Kuliah Substansi Pendidikan dan Penelitian RS Kanker Dharmais, pada tanggal 24 Januari 2022 sampai dengn 4 Februari 2022.

Dalam pelatihan tersebut RS Kanker Dharmais menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya seperti Dokter Spesialis Onkologi dan Apoteker, yang telah memiliki pengalaman minimal 5 tahun di bidang keahliannya dan telah memenuhi syarat-syarat tertentu lainnya. 

Pelatihan tersebut diikuti oleh 20 peserta dari berbagai rumah sakit di Indonesia, di antaranya RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, SMC RS Telogorejo Semarang, RSUP DR. M. Djamil Padang, RSUD dr. Iskak Tulungagung, RSKD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, AHCC RS Adi Husada Undaan Wetan Sby, MRCCC Siloam Hospital Semanggi, RS Pusri Palembang, RS Polri, Klinik Utama Rawat Jalan Medicelle, RS Eka Hospital Bekasi, RSU Sembiring Medan dan RS Hermina Bekasi.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya pelatihan ini, agar peserta pelatihan mampu melaksanakan handling cytotoxics di rumah sakit, mampu menjelaskan prinsip penatalaksanaan medik pengobatan sistemik pada pasien kanker, mampu melakukan penanganan obat kanker yang aman, mampu melakukan perhitungan dosis kemoterapi, mampu melakukan teknik bekerja secara aseptis, dan mampu melakukan pelaporan insiden

#kemenkes #pelatihancancer #farmasi #kemoterapi #onkologi #cancerhospital