Senin, 20 Mei 2024 08:54 WIB

Pengembangan Kapasitas PPDS I.K Mata melalui IHT Coping with Burnout

Responsive image
Tim Kerja Hukum & Humas - RS Mata Cicendo Bandung
28

Bandung (17/05) - Pada Maret 2024, Kementerian Kesehatan RI merilis “Hasil Skrining Kesehatan Jiwa PPDS RS Vertikal Pendidikan” yang melibatkan peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dari 28 Rumah Sakit Vertikal Kementerian Kesehatan yang menyelenggarakan pendidikan. Dari hasil skrining tersebut, ditemukan sebanyak  22,4% PPDS mengalami gejala depresi.

Menindaklanjuti hal tersebut, PMN RS Mata Cicendo  mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yg dilakukan adalah dengan mengadakan IHT Coping With Burnout Pengembangan Kapasitas PPDS Ilmu Kesehatan Mata untuk mencegah Etikolegal selama masa Pendidikan yang diikuti seluruh peserta PPDS di RS Mata Cicendo Bandung. 

Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menimbulkan masalah kesehatan jiwa, mengenal tanda dan gejala masalah kesehatan jiwa, memiliki strategi  yang tepat dan efektif, serta dapat memanfaatkan sumber daya untuk menjaga kesehatan jiwa selama proses pendidikan sehingga dapat terbentuk dokter spesialis mata yang kompeten dan profesional.