Kamis, 23 November 2023 15:35 WIB

Semarak HKN Ke-59: HUT Ke-95 RSPG Dan Grand Opening Poliklinik Eksekutif

Responsive image
Dok/IR/RSPG/15/11/2023 - RS Paru Dr.M. Goenawan Partowidigdo Cisarua
152

Bogor (15/11) - Berpusat di aula gedung serbaguna Wijaya Kusuma Rumah Sakit Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua Bogor, RSPG mengadakan acara rangkaian HKN Ke-59 (diperingati sejak 12 November 1964) dan HUT Ke-95 RSPG (berdiri sejak 15 November 1928) serta peresmian (grand opening) poliklinik Eksekutif dan dihadiri oleh Direktur Jenderal Pelayan Kesehatan Kemenkes RI. Bapak dr. Azhar Jaya, S.H., SKM, MARS., para pejabat pimpinan Pratama
di lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Dewan Pengawas RSPG Cisarua Bogor, Direktur Utama RSPG, dr. Ida Bagus Sila Wiweka, Sp.P(K), MARS beserta jajaran manajemen dan Direksi RSPG Cisarua Bogor,  Para Direktur utama Rumah Sakit Vertikal Kemenkes, Pimpinan instansi, lembaga dan mitra kerja, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bogor, tokoh Masyarakat, Media Massa dan tamu undangan lainnya.

Tahun ini kami mengusung tema “Working Towards Tuberculosis Elimination with a Referral System“. 95 Tahun RSPG telah memberi pelayanan kepada masyarakat dengan sepenuh hati, kami terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat, dengan semangat yang tinggi berorientasi pada kepuasan pelanggan, ujar ketua panitia HKN Ke-59 dan HUT Ke-95 RSPG, dr. Ni Luh Dharma Kerti Natih,MHSM., dalam laporannya.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pertandingan olahraga (bulu tangkis dan tenis meja) dilaksanakan di bulan Oktober 2023 diikuti oleh SDM RSPG ;
  2. Kegiatan tabur bunga di Makam Dr.M.Goenawan Partowidigdo tanggal 2 November 2023
  3. Turnamen Futsal dilaksanakan tanggal 5 November 2023 diikuti oleh 16 Rumah Sakit se-Bogor Raya;
  4. Pengabdian Masyarakat : Pemeriksaan Kesehatan tanggal 7 November 2023 yang diikuti 100 orang masyarakat umum ;
  5. Seminar online medis tanggal 8 November 2023 dengan tema Tuberculosis: Drug Resistent, HIV The Triple Burden, dan tanggal 9 November 2022 dengan tema Complicated Lung Tuberculosis.
  6. Puncak HUT RSPG, tanggal 15 November 2023, yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI;
  7. Keep Health and Fun,Go Jogging, Tanggal 18 November 2023 yang diikuti oleh Jejaring Layanan Paru RSPG, dan
  8. Jalan Sehat, Tanggal 24 November 2023 diikuti oleh SDM RSPG

Rangkaian acara tersebut bertujuan meningkatkan peran RS. Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo dalam mendukung Program Transformasi Kesehatan Pilar Kedua yaitu Layanan Rujukan serta upaya eliminasi Penyakit Tuberkulosis serta meningkatkan kembali pentingnya Kesehatan terutama Kesehatan Paru.

Dirut RSPG dalam sambutannya menyampaikan merupakan salah satu wujud dari komitmen kami RSPG untuk terus meningkatkan dan memfasilitasi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Pada kesempatan ini kami laporkan bahwa pendirian Poliklinik Eksekutif adalah dalam rangka upaya mewujudkan salah satu upaya mewujudkan 3 tugas utama sebagai penyedia layanan kesehatan rujukan di bawah Kementerian Kesehatan
1) Layanan Terbaik Level Asia (Perbaikan pengalaman pasien, Peningkatan kualitas pemberi
layanan, Peningkatan mutu layanan klinis, Peningkatan tata kelola RS, Layanan unggulan),
2) Pengampu Nasional (Pengampuan TB Paru & TB MDR untuk Papua Barat, Papua Barat
Daya dan NTT),
3) Pengembangan Riset (Pengembangan Clinical Research Unit)

Dalam sambutan dan arahannya Dirjen Yankes mengutarakan bahwa beliau sangat mengapresiasi atas upaya – upaya RSPG yang telah dilakukan dalam meningkatkan layanan terhadap masyarakat, dengan melakukan beberapa terobosan dan melakukan transformasi layanan guna mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan dari RSPG. Dirjen Yankes pun berpesan bahwa RSPG agar senantiasa berupaya secara berkesinambungan untuk dapat mengoptimalkan keberadaanya sehingga RSPG lebih dapat diketahui/ dikenal masyarakat dan menjadi pilihan bagi masyarakat luas terutama masyarakat dilingkungan sekitar RSPG dalam memeriksakan kesehatannya.

Giat diakhiri dengan penyerahan penghargaan terhadap para pegawai RSPG yang berprestasi dan pemotongan tumpeng oleh Dirut RSPG, penandatanganan prasasti dan peresmian (grand opening) poliklinik eksekutif secara simbolis oleh Dirjen Yankes Kemenkes RI serta hospital tour.