Senin, 20 November 2023 07:59 WIB

Puncak Peringatan HKN ke-59 di RSUP HAM, Dirut Tekankan Tranformasi Kesehatan

Responsive image
humas/ade - RSUP H. Adam Malik Medan
211

Medan (16/11) – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Lapangan Gedung Administrasi RSUP HAM, Kamis (16/11/2023). Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri MKed(PD) SpPD-KKV SpJP(K) menekankan pelaksanaan program transformasi kesehatan sesuai dengan tema HKN ke-59, “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju.”

“Transformasi kesehatan harus sudah kita rasakan di RSUP HAM. Di antara enam pilar transformasi kesehatan itu, yang paling berkenaan dengan kita adalah transformasi SDM kesehatan dan transformasi layanan rujukan,” ungkap dr Zainal dalam sambutannya pada acara yang dihadiri oleh Direktur RS Jiwa Prof Dr Muhammad Ildrem drg Ismail Lubis MM mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Mayjend (Purn) Hasanuddin. 

Disampaikan oleh dr Zainal, RSUP HAM sudah menjalankan transformasi SDM kesehatan dan transformasi layanan rujukan dengan menjadi RS pengampu regional untuk wilayah Sumatera Utara, serta sebagian wilayah Aceh dan Riau. Dalam program pengampuan ini, RSUP HAM bertanggung jawab untuk meningkatkan SDM kesehatan dan layanan rujukan di rumah sakit umum daerah di setiap kabupaten/kota dalam sepuluh layanan prioritas. Sedangkan Pj Gubsu Hasanuddin dalam sambutannya yang dibacakan oleh drg Ismail menyampaikan bahwa transformasi kesehatan dilakukan untuk memenuhi hak warga negara Indonesia untuk memperoleh pelayanan kesehatan. “Transformasi kesehatan difokuskan kepada pemenuhan kebutuhan kesehatan berdasarkan siklus hidup yang mudah diakses dan terjangkau sampai pada tingkat keluarga dan individu,” kata drg Ismail membacakannya.

Sementara itu, dalam peringatan HKN ke-59 ini, RSUP HAM telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Di antaranya webinar series terkait kesehatan, kegiatan olahraga, dan senam diabetes sekaligus dalam rangka peringatan Hari Diabetes Sedunia. Kemudian, bersamaan dengan acara puncak ini juga diselenggarakan Talkshow Kesehatan tentang Cangkok Ginjal.

Dalam acara puncak HKN ke-59 ini, dr Zainal memotong tumpeng yang kemudian diberikan kepada perwakilan Pj Gubsu, serta Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumut dr Syaiful M Sitompul, Senior Program Manager USAID Momentum Sumut dr Apsari Diana Kusumastuti, dan undangan lainnya. Kemudian, dr Zainal bersama jajaran direksi dan para undangan melakukan pelepasan balon harapan HKN ke-59.