Minggu, 19 November 2023 01:18 WIB

Integrasi Pelayanan Puskesmas dan FKTP, wujud transformasi peningkatan layanan kesehatan di FKTP

Responsive image
rfs - Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer
342

Semarang (16/11) – Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan melakukan sosialisasi Implementasi Intergasi Pelayanan Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) lain di Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan sosialisasi dipimpin secara langsung oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, dr. Obrin Parulian, M.Kes. Dalam kegiatan tersebut, dikumpulkan seluruh perwakilan Puskesmas dan FKTP  se-Kabupaten Semarang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang turut hadir mendampingi Direktur Pelayanan Kesehatan Primer untuk membuka pertemuan dan memberikan arahan kepada para perwakilan Puskesmas dan FTKP se-Kabupaten Semarang.

dr. Obrin Parulian, M.Kes menyampaikan, diperlukannya keterlibatan seluruh FKTP melalui kolaborasi pemberian pelayanan kesehatan yang komprehensif dan berkualitas, dalam upaya pencapaian target prioritas termasuk pemenuhan SPM bidang kesehatan kabupate atau kota, serta untuk mengurangi angka kesakitan. Kesiapan daerah untuk implementasi kolaborasi FKTP tersebut telah difasilitasi oleh Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer melalui penyelenggaraan kegiatan Workshop Fasilitasi Integrasi Puskesmas dan FKTP Lain dan antara lain ditindaklanjuti melalui kegiatan Implementasi Integrasi Pelayanan Puskesmas dan FKTP Lain di 13 kabupaten/kota pada 6 provinsi terpilih.

Kegiatan sosialisasi Implementasi Intergasi Pelayanan Puskesmas dan FKTP diselenggarakan dalam rangka memantau progress implementasi integrasi dan kolaborasi Puskesmas dengan FKTP Lain di Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, sebagai salah satu dari 13 kabupaten/kota lokus.

Dalam kegiatan ini, turut pula dilaksanakan kunjungan lapangan ke Puskesmas untuk memantau implementasi integrasi dan kolaborasi Puskesmas dengan FKTP. Puskesmas Pringapus Kab. Semarang menjadi lokus kunjungan Direktur PKP dan Rombongan berserta tim dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kab. Semarang.