Minggu, 12 November 2023 15:04 WIB

Puncak Acara HUT Rs Kanker Dharmais Ke 30

Responsive image
Humas - Epayanti - RS Kanker Dharmais Jakarta
131

Jakarta (05/11) - Puncak perayaan HUT RS Kanker Dharmais ke 30 tahun yang mengusung tema “Transformation towards World- Class Cancer Care”. Pada acara puncak perayaan ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Bapak Budi Gunadi Sadikin, sekaligus meresmikan 3 (tiga) pelayanan di RS Kanker Dharmais diantaranya, Layanan Genomik, Linac Elekta Synergy, dan SPECT-CT.

Pemeriksaan genomik adalah studi tentang profil gen yang ada di dalam DNA tubuh manusia, yang bertujuan untuk menilai risiko seseorang terkena kanker. Sejumlah keunggulan pemeriksaan genomik di RS Kanker Dharmais yaitu, tersedianya panel pemeriksaan yang lengkap dengan biaya yang kompetitif, dikerjakan oleh ahli-ahli di bidang kanker dan laboratorium yang terakreditasi internasional, terintegrasi dengan layanan komprehensif kanker lainnya, serta telah dilengkapi dengan konseling genetik.

Linac Elekta Synergy adalah pesawat radiasi eksterna berteknologi tinggi yang digunakan untuk melakukan radioterapi dengan berbagai macam teknik mulai 2D,3D, IMRT dan VMAT dan 2 tingkat energi 6 dan 10 MV serta elektron.

Dengan kelebihan teknologi yang mutakhir melalui teknik radiasi yang mumpuni sehingga volume tumor lebih presisi, alat ini mampu menimalisir efek samping yang ditimbulkan, serta menjangkau banyak pasien dengan berbagai jenis penyakit kanker.

RS Kanker Dharmais telah mengoperasikan kamera SPECT-CT yang baru. Kamera ini menggantikan kamera terdahulu dan memiliki spesifikasi yang jauh lebih canggih. Saat ini, RSKD dilengkapi dengan 2 kamera SPECT-CT untuk menunjang pelayanan Kedokteran Nuklir Teranostik. Pemeriksaan yang dapat dilakukan menggunakan kamera tersebut misalnya, bone scan, wholebody scan, thyroid scan, renogram, dan lymphoscintigraphy.

Turut hadir sebagai undangan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr. Azhar Jaya, SH., SKM.,MARS, Ketua Dewan Pengawas, Dr. Dra. Lucia Rizka Andalucia, Apt, M.Pharm, MARS,  Pendiri Rumah Sakit Kanker Dharmais, Prof. Dr. dr. Arry Harryanto Reksodiputro, Sp.PD-HOM, Para Direktur Rumah Sakit Vertikal, Lembaga sosial pemerhati kanker dan mitra kerja RS Kanker Dharmais serta undangan lainnya.

Acara berlangsung cukup meriah, berjalan dengan baik dan lancar.