Jumat, 03 November 2023 11:27 WIB

Upacara Tabur Bunga Para Pahlawan Kesehatan Indonesia Di TPU Tanah Kusir

Responsive image
Ruly/Humas - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
165

Jakarta (02/11) - Pada hari Kamis tanggal 02 November 2023 bertempat di Paviliun Makam Bung Hatta, TPU Tanah Kusir Jakarta, diadakan Upacara Tabur Bunga ke Makam Para Pahlawan Kesehatan Indonesia, yang namanya diabadikan menjadi nama rumah sakit vertikal, Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan Upacara Tabur Bunga ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke-59.

Kegiatan Tabur bunga ini diselengaraakan secara serentak di makam para pahlawan kesehatan, yang namanya diabadikan menjadi nama rumah sakit vertikal milik Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan Tabur Bunga di TPU Tanah Kusir merupakan kolaborasi dari 3 rumah sakit yang makam pahlawannya dimakamkan di TPU Tanah Kusir, yaitu Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof Dr. Dr. Mahar Mardjono Jakarta, Rumah Sakit Jiwa Dr Soeharto Heerdjan, dan Rumah Sakit Otak DR Drs M Hatta Bukit Tinggi. 

Hadir dalam kegiatan upacara tabur bunga di TPU Tanah Kusir yaitu jajaran Direksi Rumah Sakit
Pusat Otak Nasional Prof Dr. dr. Mahar Mardjono yaitu Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan dr. Reza Aditya Arpandy, Sp.S, Direktur Layanan Operasional dr. Sardiana Salam, Sp.S, M.Kes, Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian Dr. dr. Andi Basuki Prima Birawa, Sp.S(K), MARS dan Direktur Perencanaan dan Keuangan Ignatius Susatyo Wijoyo, MM. Hadir Direktur Utama Rumah Sakit Otak DR. Drs. M. Hatta Bukit Tinggi Dr. dr. Yusirwan, Sp. B, Sp BA (K) MARS dan Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Dr Soeharto Heerdjan, dr. Desmiarti, Sp.KJ, MARS. Serta tamu undangan dari RS Kanker Dharmais dan Direktur Utama Rumah Sakit Persahabatan.

Upacara Tabur Bunga ini turut dihadiri oleh perwakilan Keluarga besar dari para Pahlawan Kesehatan, yaitu Keluarga Alm. Prof. Dr.dr. Mahar Mardjono yang diwakili oleh  Ir. Ira Indrayanti, MSc, Keluarga Alm Dr. Soeharto Heerdjan, Sp.KJ., MBA yang diwakili oleh  Miranti Tresnaning Timur beserta anak dan Cucu Alm. Dr. Soeharto Heerdjan, Sp.KJ., MBA dan Keluarga Alm Dr. (HC) Drs. H. Mohammad Hatta yang diwakili oleh Prof. Dr. Meutia Farida Hatta dan Dr. Dra. Gemala Rabi'ah Hatta, MRA., M.P.H. 

Kegiatan Upacara Tabur bunga, dimulai dengan perwakilan sambutan dari Direktur Utama Rumah
Sakit Otak DR. Drs. M. Hatta Bukit Tinggi Dr. dr. Yusirwan, Sp. B, Sp BA (K) MARS. Dalam sambutannya Dr. dr. Yusirwan, Sp. B, Sp BA (K) MARS menyampaikan nilai-nilai perjuangan para pahlawan kesehatan, yang dapat di teladani oleh generasi penerus, untuk membangun bangsa dan meneruskan cita-cita para pejuang pahlawan kesehatan.

Acara kemudian dilanjutkan sambutan dari perwakilan masing-masing keluarga para pahlawan kesehatan. Acara ditutup dengan berdoa dan menabur bunga di makam para pahlawan kesehatan, Alm Dr. (HC) Drs. H. Mohammad Hatta dan istri Alm Siti Rahmiati Hatta, Alm. Prof. Dr.dr. Mahar Mardjono dan istri Alm. Hj. Sridjati Kangeaningsih dan Alm. Dr. Soeharto Heerdjan, Sp.KJ., MBA.

Semoga dengan adanya kegiatan Tabur Bunga ke makam para pahlawan ini, diharapkan generasi muda penerus bangsa, dapat melanjutkan cita-cita para pejuang untuk terus berjuang demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.