Kamis, 02 November 2023 18:28 WIB

Upacara Tabur Bunga dan Ziarah dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59

Responsive image
(ant/aqs/rfs) - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
261

Jakarta (02/11) - Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin bersama Wakil Menteri Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono didampingi oleh seluruh Pejabat dan pegawai Kementerian Kesehatan melakukan ziarah dan Upacara Tabur Bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-59.

Tepat Pukul 09.00 Menteri Kesehatan memimpin langsung prosesi upacara penghormatan bersama seluruh peserta upacara bersama para pejabat dan pegawai Kementerian Kesehatan. “Kita hadir di sini untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia, khususnya dalam membangun kesehatan di Indonesia. Jasa-jasanya harus kita jadikan teladan dalam membangun kesehatan di masa kini dan masa mendatang,” ujar Menteri Kesehatan.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Azhar Jaya, SH, SKM, MARS beserta jajaran Pejabat dan pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan tampak khidmat mengukuti jalannnya prosesi upacara.

Selesai upacara kegiatan dilanjutkan dengan mengunjugi makam pahlawan, Rombongan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan yang dipimpin langsung oleh dr. Azhar Jaya, SH, SKM, MARS langsung bergerak menuju makam Dr. M. Soerono, mantan Menteri Kesehatan dan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan untuk melakukan prosesi ziarah dan tabur bunga.

Selain di Taman Makam Pahlawan Kalibata, kegiatan ziarah dan tabur bunga juga dilakukan serentak oleh seluruh unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Kesehatan di makam yang nama pahlawan kesehatan tersemat pada nama satuan kerjanya, terutama pada Rumah Sakit yang banyak menggunakan nama pahlawan kesehatan..

Ziarah dan tabur bunga dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa yang telah diberikan para pahlawan dalam membangun bidang kesehatan di Indonesia. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menginspirasi teman-teman di jajaran Kementerian Kesehatan untuk bisa meniru (para pahlawan) dalam menyerahkan seluruh jiwa dan raganya untuk membangun bangsa dan negara.