Kamis, 02 November 2023 15:51 WIB

Tabur Bunga Dan Ziarah Pusara Dr. M. Goenawan Partowidigdo

Responsive image
Dok/IR/2/11/2023 - RS Paru Dr.M. Goenawan Partowidigdo Cisarua
382

Bogor (02/11). Rumah Sakit Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua Bogor mengadakan tabur bunga di makam almarhum Dr. M. Goenawan Partowidigdo sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh kesehatan yang telah banyak berjasa dalam bidang kesehatan di Cisarua Bogor khususnya dan Indonesia pada umumnya. Dan hal ini merukan giat dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Kesehatan (HKN) ke-59 dan menindaklanjuti surat dari Inspektorat Jenderal Kemenkes RI nomor UM.02.02/G/5979/2023 tanggal 16 Oktober 2023 tentang Pelaksanaan Upacara Tabur Bunga Pahlawan Kesehatan dalam Rangkaian HKN Ke-59 dilingkungan RS Vertikal Kementerian Kesehatan. Dimana RSPG yang merupakan salah satu rumah sakit vertikal Kemenkes RI mengadakan kegiatan tersebut pada Kamis (2/11) pagi di Pusara Makam Dr. M. Goenawan Partowidigdo di Jalan Taman Safari Indonesia, Kp. Paragajen, Cibeureum Cisarua Bogor.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah jajaran RSPG (Dewas, Direksi, SPI, Komite dan para Manajer), OPD setempat, perwakilan dari Instansi diseputar lingkungan RSPG turut hadir untuk melaksanakan tabur bunga di makam almarhum Dr. M. Goenawan Partowidigdo. Selain itu, turut dihadir pula keluarga almarhum dan beberapa tokoh lainnya. 

"Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (12 November), kami ingin menghargai dan menghormati atas perjuangan, dedikasi dan meneladani almarhum Dr. M. Goenawan Partowidigdo dalam memajukan dunia Kesehatan", ujar Direktur RSPG, dr. Ida Bagus Sila Wiweka, Sp.P(K), MARS.

"Dr. M. Goenawan Partowidigdo merupakan salah satu tokoh yang berjasa dalam pengembangan dunia Kesehatan dan sebagai tokoh yang dapat memotivator khususnya bagi kita sebagai generasi penerus dan civitas RSPG Cisarua Bogor. Perlu diketahui bahwa Dr. M. Goenawan Partowidigdo lahir di Nganjuk, Jawa Timur pada tanggal 1 Maret 1909 di Surabaya, wafat pada tanggal 2 Maret 1994 di RSCM Jakarta dan dimakamkan pada tanggal 3 Maret 1994 di pemkaman Jalan Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor", tambah dr. Ida.

Beliau adalah salah seorang putera terbaik Bangsa Indonesia yang merupakan pelaku sejarah dalam Revolusi Kemerdekaan RI. Dalam dinas militernya beliau pernah memegang beberapa jabatan perwira dianataranya: Dokter Pasukan Peta (1943), Komandan Resimen Pati Jawa Tengah (1945), Dokter Kolonel Pasukan Solo (1947 ), Dokter Kolonel Divisi V Djati Kusuma Cepu (1948), Wakil Kepala Staff Divisi III GM III (1949 s.d 1950) Pada tanggal 1 Januari 1950 Dr. M. Goenawan diberhentikan dengan hormat dari dokter militer, surat ditandatangani oleh Wakil Presiden dan Menteri Pertahanan selanjutnya diangkat menjadi dokter pemimpin Sanatorium yang pertama, dimasa beliau banyak orang yang menderita penyakit TB. Dr. M. Goenawan juga dikenal karena upayanya menyembuhkan penyakit kanker dengan singkong racun/singkong gendruwo (mendioca sao pedro petro), sehingga nama beliau diabadikan dan dijadikan nama Rumah Sakit sejak tahun tahun 2004.

Kegiatan tabur bunga ini juga diharapkan dapat menjadi kegiatan yang tidak hanya dilakukan sesaat, namun menjadi tradisi setiap tahunnya untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional dan menghormati para tokoh kesehatan Indonesia yang telah berkontribusi dalam dunia kesehatan di tanah air. 

RSPG Cisarua Bogor sebagai salah satu institusi yang membidangi layanan kesehatan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan untuk terus memperjuangkan kemajuan dunia kesehatan Indonesia khususnya dalam bidang Kesehatan paru serta senantiasa menghargai karya dan jasa para tokoh kesehatan di Indonesia.