Rabu, 01 November 2023 06:08 WIB

Siap Jadi Lokus Uji Coba Redistribusi Kepesertaan JKN di FKTP, Bupati Maros Tandatangani surat Pernyataan Komitmen

Responsive image
NRI - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
517

Maros (31/10) – Bupati Kabupaten Maros H. Andi Syafril Chaidir Syam, S.IP, MH. menandatangani surat komitmen pelaksanaan uji coba redistribusi kepesertaan JKN JKN di FKTP. Penandatangan surat tersebut disaksikan langsung oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Primer (PKP) Kementerian Kesehatan RI dr. Obrin Parulian, M.Kes di Rumah Jabatan Bupati Maros pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Redistribusi Kepesertaan JKN di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) adalah salah satu upaya penguatan pelayanan kesehatan primer yang merupakan bagian dari kebijakan transformasi sistem kesehatan dimana salah satu tujuannya adalah untuk peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan. Redistribusi ini nantinya diharapkan mampu mengurangi penumpukan pasien di Puskesmas.

Dampak lain dengan dilakukannya redistribusi ini adalah terjadinya usaha peningkatan mutu dan akses pelayanan kesehatan pada FKTP yang ingin menjadi tujuan redistribusi.

“Hasil monitoring dan evaluasi pada daerah yang telah mengimplementasikan redistribusi kepesertaan JKN di FKTP menampilkan hasil yang baik, salah satunya yaitu terjadi usaha peningkatan mutu dan akses pelayanan kesehatan pada FKTP di wilayahnya agar dapat menjadi FKTP sasaran yang akan dilakukan redistribusi dan lebih meningkatkan akses dan mutu bagi FKTP yang ingin menjadi tujuan redistribusi. Selain itu terjadi peningkatan minat untuk membangun FKTP (klinik pratama) pada daerah yang belum terdapat FKTP.” Jelas dr. Obrin Parulian, M.Kes.

Kegiatan Penandatanganan surat komitmen tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kab. Maros H. Suhartina Bohari, SE; Kadis Kesehatan Prov. Sulsel Dr. dr. H. Muhammad Ishak Iskandar, M.Kes, MM, MH; Sekretaris Daerah Kab. Maros Ir. H. Andi David, M.Si; Kadis Kesehatan Kab. Maros dr. H. Muhammad Yunus, M.Kes; Analis Manajemen Mutu & Kerja Sama Faskes BPJS Kesehatan dr. Triwidhi H. Puspitasari; Kepala Bidang Yankes Dinkes Kab. Maros dr. H. Muhammad Faizal Rizal; Kepwil IX BPJS Kesehatan Bagus Putra Nugraha; Camat Turikale Nasruddin, S.Hut; Kepala Cabang BPJS Kesehatan KC Makassar dr. Greisthy E. L. Borotoding; Kepala BPJS Kesehatan Kab. Maros Zari Puspita Ayu; dan Kepala Puskesmas Turikale Hj. Ameliah Syahbani, SKM, M.Kes.