Selasa, 31 Oktober 2023 10:43 WIB

Dirut RSUP Leimena Ambon Menjadi Pembicara Pada The World Hospital Congress

Responsive image
Humas - RSUP dr. J. Leimena Ambon
331

Lisbon (24/10) - Direktur Utama RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon drg. Saraswati, MPH mengikut serangkaian kegiatan sekaligus menjadi pembicara pada pertemuan The World Hospital Congress yang diselenggarakan oleh International Hospital Federation (IHF) di Lisbon, Portugal. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 24 sampai dengan 27 Oktober 2023.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, drg. Saraswati juga mengikuti Masterclass Leadership dan kunjungan ke Pediatric Ambulatory Hospital. Pada parallel session Diversity Equityinclusion, drg. Saraswati menyampaikan paparan mengenai The challenge of health workforce in Leimena Hospital : Future mandate of health system transformation in Indonesia.

The World Hospital Congress sendiri merupakan forum global yang mempertemukan Anggota IHF dengan para pemimpin rumah sakit, pemimpin layanan kesehatan, dan pemimpin organisasi kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan berjejaring bagi para pemimpin di bidang kesehatan. Tema yang dipilih untuk setiap kongres berfokus pada tren terbesar dan isu-isu umum di sektor ini.

Terdapat empat pembicara pada kegiatan tersebut diantaranya, drg. Saraswati (CEO, Dr. Johannes Leimena Hospital, Indonesia), Imran Osman (Group Chief Executive Officer, Avenue Healthcare Limited, Kenya), Kimberly Smith (CEO, Health Evolve Technologies,LLC,USA), dan Rochelle Reid (Senior Lead & Strategic Advisor, Equity, Diversity & Inclusion, Hamilton Health Sciences, Canada). Hadir pula ketua umum PERSI dr Dr. Bambang Wibowo, Sp.O.G, SubSp.K.Fm, MARS, FISQua sebagai undangan pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini merupakan platform yang memfasilitasi pertukaran pengetahuan, kolaborasi, dan inovasi di bidang kesehatan. Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan bagi para pemimpin layanan kesehatan, agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di negara masing-masing.

Dengan semua kondisi yang terjadi di Maluku khusunya di kota Ambon, RSUP Leimena yang baru 3 tahun beroprasional, telah melakukan berbagai peningkatan dalam perbaikan layanan, termasuk dalam memberikan layanan agenda transformasi system kesehatan yang terfokus pada Kanker, Jantung, Stroke, Uronefrologi (KJSU) dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).