Jumat, 27 Oktober 2023 17:18 WIB

Kabupaten Subang Siap Mendukung Implementasi Pelaksanaan Uji Coba Redistribusi Kepesertaan JKN di FKTP

Responsive image
rfs - Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer
271

Subang (26/10) – Sebagai upaya penguatan pelayanan kesehatan primer melalui implementasi pelaksanaan uji coba redistribusi kepesertaan jaminan kesehatan Nasional (JKN) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, dr. Obrin Parulian, M.Kes  melakukan kunjungan Kerja ke Kabupaten Subang Jawa Barat. Kunjungan Kerja tersebut merupakan salah satu langkah percepatan dari implementasi kebijakan transformasi sistem kesehatan, dimana salah satu tujuannya adalah untuk peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dalam Kujungan Kerja tersebut, dr. Obrin Parulian, M.Kes, diterima langsung oleh Bupati Subang H. Ruhimat, S,Pd., M.Si.

Dalam pertemuannnya dengan Bupati Subang, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer menyampaikan bahwa pelaksanaan uji coba redistribusi kepesertaan JKN di FKTP ini didasarkan pada ketidakmerataan jumlah peserta JKN KIS di  Fasilitas Kesehatan yang ada di Kabupaten Subang. Ketidakmerataan ini, membuat waktu tunggu pasien yang cukup lama dan mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan yang akan diterima pasien.

“Karena sifatnya enrollment atau atas persetujuan dari peserta JKN, maka kami akan melaksanakan uji coba  redistribusi peserta JKN dari faskes di Subang secara bertahap.  Merupakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan, Kementerian Kesehatan akan terus berkoordinasi bersama pemerintah daerah dan BPJS Kesehatan dalam pelaksanaan program ini, sehingga melalui program ini diharapkan masyarakat mendapatkan  pelayanan kesehatan yang optimal” ungkap dr. Obrin Parulian, M.Kes

Bupati Subang menegaskan, sangat mendukung  implementasi pelaksanaan uji coba redistribusi kepesertaan JKN di FKTP khususnya di Kabupaten Subang.  “Saya memahami, adanya ketidakseimbangan jumlah dokter dan pasien di beberapa faskes, yang berpengaruh pada pelayanan di fasilitas Kesehatan tersebut. Saya instruksikan kepada Dinas Kesehatan, untuk mengawal proses uji coba redistribusi kepesertaan JKN di Puskesmas, sehingga tidak terjadi penumpukkan pasien di satu tempat.  Laporkan kepada saya sejauh mana uji coba ini siap diterapkan. Saya sangat mendukung. Lakukan.” Ujar Bupati Subang H. Ruhimat, S,Pd., M.Si.

Bentuk dukungan Kabupaten Subang terhadap upaya penguatan pelayanan kesehatan primer melalui implementasi pelaksanaan uji coba redistribusi kepesertaan JKN di FKTP, ditandai dengan ditandatanganinya komitmen pelaksanaan uji coba redistribusi kepesertaan JKN di FKTP antara Direktur Pelayanan Kesehatan Primer dengan Bupati Subang.

Pada kesempatan tersebut Direktur Pelayanan Kesehatan Primer menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Subang atas dukungan dan kesediaan Kabupaten Subang menjadi lokus uji coba pelaksanaan redistribusi kepesertaan JKN di FKTP. Adanya Uji coba  diharapkan mampu memberikan masukan dan referensi ketika redistribusi kepesertaan JKN di FKTP diimplementasikan dalam skala nasional serta dapat mendorong seluruh FKTP untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan.