Selasa, 24 Oktober 2023 10:34 WIB

Emergency Nursing Intermediate Level Untuk Nakes Yang Handal

Responsive image
Bowi - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
465

Sukoharjo (23/10) - Tim Kerja Pendidikan dan Pelatihan RS. Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta kembali menyelenggarakan Pelatihan emergency nursing di kegawatdaruratan di ruang Discussion Lt.3 Gedung Perkantoran RS. Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta.

Emergency nursing intermediate levelĀ  (ENIL) adalah keperawatan darurat pada tingkat menengah biasanya melibatkan pemberian perawatan kepada pasien dengan berbagai kondisi medis dan cedera. Ini dapat mencakup triase, pemberian obat-obatan, perawatan luka, dan bantuan prosedur. Pada prosedur Triage merupakan proses penentuan prioritas pengobatan pasien berdasarkan tingkat keparahan kondisinya. Ini biasanya digunakan dalam situasi medis, tanggap bencana, dan situasi lain di mana sumber daya terbatas dan perlu dialokasikan secara efisien.

drg. Moh.Nur Nasiruddin, M.Kes, selaku Direksyur SDM, Pendidikan, Pelatihan dan Penelitian menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran para peserta pelatihan emergency nursing intermediate level. Semoga para perawat emergency yang ikut di pelatihan ini, menjadikan perawat-perawat handal dalam penangganan pelayanan kegawatdaruratan.

Salah satu materi penting adalah Patient Safety atau keselamatan pasien. Sebagai narasumber pelatihan adalah Ns. Dini Ratifi S.,S.Kep., Ns. Setyo Martono, M.Kep., Ns. Sutadi, SST., Ns. Sri Mujayanah, S.Kep., Ns. Didik Dwi Hardianto, S.Kep., Ns. Anton Hartono, S.Kep., Ns. Eka Dafid Zakaria,S.Kep., Ns. Adventi P.,S.Kep., Ns. Yosafat,S.Kep dan Sutadi, S.Tr.Kep.

Tujuan keperawatan darurat pada tingkat menengah adalah memberikan perawatan yang efektif dan responsif kepada pasien dengan kondisi medis atau cedera yang memerlukan penanganan cepat. Hal ini meliputi evaluasi menyeluruh, stabilisasi kondisi pasien, pencegahan komplikasi, serta koordinasi dengan tim medis lainnya untuk memastikan pasien menerima perawatan yang sesuai dan tepat waktu. Selain itu, keperawatan darurat pada tingkat menengah juga bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan pasien selama masa perawatan di unit gawat darurat.