Sabtu, 21 Oktober 2023 07:41 WIB

Penandatanganan PKS Tentang Penyelenggaran Pembelajaran Klinik antara RSCM, FKUI dan RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon

Responsive image
Humas - RSUP dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
251

Ambon (19/10) - Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pembelajaran Klinik antara RSCM, FKUI dan RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon dilaksanakan di Kota Ambon, Provinsi Maluku. Kegiatan penandatanganan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, Prof. dr. Chaidir A. Mochtar, SpU (K), PhD, Plt Direktur Utama RSCM dr. Sumariyono, SpPD-KR, MPH, Staf khusus Direktur Utama RSCM dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, FIHA, KPS urologi Prof dr. Ponco Birowo, Sp.U(K), Ph.D, dan SPS Urologi Prof dr. Agus Rizal A.H. Hamid, SpU(K), PhD.

Penandatanganan disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon drg. Wendy Pelupessy, Asisten III Setda Provinsi Maluku Pieterson Rangkoratat,SH yang mewakili Gubernur Maluku. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB. Dalam sambutannya, Prof Ari berharap dengan adanya kerjasama ini, dapat meningkatkan pencapaian yang sudah ada sebelumnya, dalam bidang kesehatan. “Kami berkomitmen untuk memantau para peserta didik yang kami kirimkan, memastikan bahwa mereka mendapatkan pembelajaran yang terbaik. Khususnya dalam bidang urologi.”

Dengan berkembangnya jaringan RS yang semakin luas melalui kerjasama ini, Prof. Ari juga berharap  dapat meningkatkan produksi peserta didik urologi yang berkualitas. “Pada akhirnya, masyarakat akan menjadi pihak yang diuntungkan dari peningkatan ini. Namun, kami sadar bahwa semua ini hanya bisa terwujud dengan dukungan penuh dari kerjasama antara sektor publik dan swasta serta pemerintah daerah. Kami yakin bahwa dengan dukungan bersama, kami dapat memberikan banyak kontribusi positif kepada Masyarakat” tuturnya.

Selanjutnya, pemberian sambutan oleh Plt Direktur Utama RSCM dr. Sumariyono, SpPD-KR, MPH. Menurut dr. Sumariyono, sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama dari FKUI, RSCM sangat menyambut baik kerjasama ini. “Kerjasama ini memiliki dua tujuan utama yang sangat penting. Pertama, tujuannya adalah meningkatkan kapasitas dan jumlah dari pendidikan dokter spesialis urologi. Dengan melakukan kerjasama RS Pendidikan Utama seperti RSCM, diharapkan kita dapat mencapai tujuan ini dengan lebih efektif. Tujuan kedua dari kerjasama ini adalah meningkatkan suasana efektif di Rumah Sakit yang bekerjasama dengan RSCM.”

Dengan bekerja sama dalam bidang pendidikan dan penelitian, diharapkan pengetahuan dan teknologi kedokteran dapat terus ditingkatkan. Hal ini akan membantu meningkatkan pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit yang terlibat dalam kerjasama ini.

Selain itu, dr. Sumaryono juga berpesan, kerjasama ini memiliki potensi besar untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang memungkinkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara RS Pendidikan Utama FKUI dan RS mitra seperti RSCM. “ harapan saya, semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pendidikan kedokteran, penelitian medis, dan pelayanan kesehatan di Indonesia.” tutupnya.

 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Direktur Utama RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon, drg. Saraswati, MPH yang dalam sambutannya menyetujui harapan yang disampaikan oleh Prof. Ari dan dr. Sumariyono.

“Kami sangat berterima kasih kepada Prodi Urologi FKUI dan RSCM atas kerjasama ini. Kami sangat terkejut dan terharu saat mengetahui bahwa RS kami akan menjadi tempat pelatihan bagi para residensi urologi. Hal ini menunjukkan bahwa fokus dari RSCM dan FKUI tidak hanya terbatas di Pulau Jawa, tetapi juga mencakup daerah-daerah lain, termasuk Maluku.”

Dengan penandatanganan kerjasama ini, Saraswati berharap dapat melakukan banyak hal yang bermanfaat dan dapat membantu dan meningkatkan kesehatan masyarakat Maluku khususnya dalam penanganan penyakit uronefrologi. “Semoga kerjasama ini dapat memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat dan pengembangan sistem kesehatan di daerah kami.”

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatangana Perjanjian Kerjasama oleh Dekan FKUI, Plt Dirut RSCM dan Dirut RSUP Leimena Ambon, dilanjutkan dengan press conference dan diakhiri dengan pemberian cinderamata dari drg. Saraswati kepada Tim FKUI dan RSCM.