Kamis, 19 Oktober 2023 10:33 WIB

Webinar Transplantasi Paru, Terapi Respirasi Masa Depan

Responsive image
Hukermas - RSUP Persahabatan Jakarta
135

Jakarta (17/10) - Dalam Rangka Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-60 Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan yang jatuh pada tanggal 7 November 2023, menyelenggarakan rangkaian kegiatan Seminar & Workshop Webinar Transplantasi Paru : "Terapi Respirasi Masa Depan" secara Hybrid yang dihadiri Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Jajaran Direksi RSUP Persahabatan, Direktur Rumah Sakit Vertikal. Bertempat di Auditorium dr. Soepandi Moekajin, Sp. P, Gedung Griya Puspa Lt. 2, RSUP Persahabatan

Acara dibuka oleh sambutan Direktur Utama RSUP Persahabatan Prof. Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp. P(K), FISR, FAPSR menyampaikan,"Transplantasi paru ini adalah satu prosedur dibidang respirasi yang diindikasikan pada pasien yang sudah tidak bisa dengan pengobatan konvesional. RSUP Persahabatan telah mempersiapkan hampir 2 tahun proses Sumber Daya Manusia, peralatanperalatan dan izin untuk menyelenggarakan transplan sudah terbit di Desember tahun 2022.

Secara umum RSUP Persahabatan siap untuk menyelenggarakan transplantasi paru pada tahun 2023 hanya kita mengalami kesulitan dari pendonor. Kami juga berdiskusi mengundang berbagai yayasan, LSM yang juga terkait dengan  pasien-pasien Recipient untuk persyaratan transplantasi paru ini. Besar harapan semoga webinar ini memberikan pencerahan yang hadir luring maupun daring serta juga kolaborasi di dalam mensukeskan program transplantasi paru ini tentunya butuh kolaborasi.

Kolaborasi dari berbagai pihak termasuk rumah sakit jejaring untuk penyedia donor maupun recipient dan juga pihak-pihak di luar Kementerian Kesehatan seperti Kepolisian, Perhubungan yang berhubungan dengan transportasi organ yang nanti akan kita dibawa dari satu rumah sakit ke rumah sakit lain. Semoga kita semua untuk suskesnya terselenggaranya transplantasi paru di RSUP Persahabatan,"kata Prof. Agus.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Azhar Jaya, S.H., SKM, MARS menyampaikan,"Semoga webinar ini menambah pengetahuan kita semua khususnya di dalam transplantasi paru ke depanya. Rumah Sakit jejaring bisa mengedukasi keluarganya bahwa ini bagian  proses penyelamatan manusia dan pendekatam organisasi keagamaan serta masyarakat yang lain bahwa ini termasuk bagian amal jariyah kepada orang yang masih bisa hidup,"ujar dr. Azhar.

Pembicara Webinar Transplantasi Paru : "Terapi Respirasi Masa Depan"

  1. dr. Jen Hao Chuang (How Much Lung Transplantation Will Improve Life Quality And Expectancy)
  2. Prof. DR. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FISR, FAPSR (Jejaring Rumah Sakit Untuk Donor Dan Resipen (Jarum-DR) Pada Program Transplantasi Paru)
  3. dr. Aris Furqon, Sp.BTKV* (Teknis Transplantasi Paru)
  4. Dr.dr. Putri Dianita Ika Meilia, Sp.FM,PhD (Rekruitmen Donor)
  5. dr. Hana Khairina Putri Faisal, PhD, Sp.P* (Rekruitmen Recipen)

Dengan moderator : dr. Susan Hendriarini Meti,Sp.BTKV (K) dan dr. M.Prakoso Adji, Sp.An-KAKV yang dipandu oleh pembawa acara Qonita Rizka Marli dari Rokom Kemenkes

Hari Ulang Tahun ke-60 RSUP Tahun 2023 kali ini mengangkat  tema“Bangkit Bersama Rumah Sakit Persahabatan” dengan ketua panitia dr.Hayatun Nufus, Sp.PD,KHOM, FINASM.