Kamis, 19 Oktober 2023 10:10 WIB

Pelaksanaan Skrining Kanker Payudara dan Kanker Leher rahim Melalui Sister Klinik UPK Kemenkes RI di Kementerian Kelautan dan Perikanan

Responsive image
UPK - Unit Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan
140

Jakarta (12/10) - Sister Klinik UPK Kemenkes RI kembali menggelar acara Deteksi Dini Kanker Payudara dan kanker mulut rahim di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ini merupakan kegiatan ke empat terlaksananya program skrining kanker untuk pegawai dan istri pegawai di lingkungan Kementerian atau Lembagadengan target 100 orang pegawai.

Penyelenggaraan Deteksi Dini Kanker diharapkan mampu menekan angka kematian yang diakibatkan oleh kanker. Kanker payudara paling banyak dialami di Indonesia yaitu sebanyak 65.858 kasus. Jumlah ini setara 16,6?ri total kasus penyakit kanker di tanah air. Berikutnya, kanker serviks menempati peringkat kedua dengan 36.633 kasus atau 9,2?ri total kasus kanker nasional.

Acara ini dapat berlangsung dengan lancar berkat dukungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta, Sudin Jakarta Selatan, Sudin Jakarta Pusat, RS Kanker Dharmais, Puskesmas Kecamatan Ciracas, Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, dan Puskesmas Kecamatan Tanah Abang.

Kegiatan dihadiri oleh Achmad Alfarisi, S.E., M.A.B selaku Kepala Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ibu Yani Antam Novambar selaku Ibu Sekjen DWP KKP , Ibu Aci Adin selaku Ibu dirjen psdkp DWP KKP, drg. Inda Torisia Hatang,MKM selaku Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian RS Kanker Dharmais, Indri Rooslamiati, M.Sc. Apt selaku Kepala UPK Kemenkes, Retno Setiowati, S.Kep, Ns, MKM selaku Kepala Bidang Keperawatan RS Kanker Dharmais,  serta Pejabat di Kementerian Kelautan dan Perikanan