Senin, 16 Oktober 2023 16:41 WIB

Rangkaian Kegiatan Hari Osteoporosis Sedunia di RSO

Responsive image
Humas/ Bowi - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
504

Sukoharjo (13/10) - Dalam rangka Hari Osteoporosis Sedunia Tahun 2023, Rumah Sakit Ortopedi Prof.Dr.R Soeharso bersama PEROSI (Perhimpunan Osteoporosis Indonesia) dan PERWATUSI (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) menyelenggarakan 3 (tiga) acara. Acara pertama adalah seminar untuk awam dengan topik Osteosarcopenia dan Latihan Penguatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 13 Oktober 2023 di Ruang Auditorium Lantai 3 Gedung Perkantoran secara Hybrid dengan menghadirkan pembicara Dr.dr. Budiyanti Wiboworini, M.Kes.,SpGK.dan dr. Ni'luh Tantri Fitria,  Sp.PD, FINASIM. Kemudian dr. Komang Kusumawati, Sp.KFR, M.Pd. menyampaikan tentang weight training atau latihan pembebanan untuk mencegah atau pada kasus osteoporosis. Kemudian dilanjutkan dengan senam bersama. 

Acara yang kedua yaitu pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2023 di ruang Auditorium diselenggarakan seminar medis yang pertama seminar dengan dua pembicara yaitu Dr.dr.I Dewa Putu Pramantara Seriabudi, Sp.PD-KGer dengan topik Osteosarcopenia. Kemudian dr. R. Andhi Prijosedjati, Sp.OT (K) menyampaikan tentang pengalaman penanganan osteoporosis di Rumah Sakit Ortopedi Soeharso Surakarta, kemudian dilanjutkan dengan talk show oleh dr. Henry Suhendra, Sp.OT (K). Beliau seorang influencer yang memiliki followers yang banyak di Instagram maupun YouTube membantu maupun proses untuk menyampaikan bahwa latihan fisik, baik latihan kardiovaskuler endurance maupun pelatihan penguatan sangat pencegahan maupun penatalaksanaan osteoporosis dan pentingnya pola hidup sehat supaya bisa aktif bergerak sampai lanjut usia.

Kegiatan terakhir diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 14 Oktober 2023 bertempat di Car Free Day (CFD) Jl. Slamet Riyadi pukul 06.00 WIB s/d selesai, RS. Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso mengadakan acara didampingi juga Perosi dan Perwatusi. Acaranya selain senam seperti biasa senam sehat sendi dan tulang juga senam yang menggembirakan yang sangat digemari oleh para peserta senam dilanjutkan dengan pemeriksaan skrining untuk kepadatan tulang dengan menggunakan USG Calcaneal, kemudian juga ada pemeriksaan kekuatan genggaman tangan sebagai deteksi dini untuk sarcopenia atau kelemahan otot. Peminatnya cukup banyak dan langsung diberikan konsultasi untuk yang memerlukan saja.


INFO LEBIH LANJUT :
No. Telp : 0271-714458 ext.118
Website : www.rso.go.id
E-mail : rso_solo@rso.go.id