Kamis, 12 Oktober 2023 16:26 WIB

Seminar & Workshop Laparoskopi Dasar Untuk Perawat Kamar Bedah

Responsive image
Hukermas - RSUP Persahabatan Jakarta
591

Jakarta (10/10) - Dalam Rangka Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-60 Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan yang jatuh pada 7 November 2023, RSUP Persahabatan menyelenggarakan rangkaian kegiatan Seminar & Workshop Laparoskopi Dasar "Untuk Perawat Kamar Bedah" yang bertempat di Auditorium dr. Soepandi Moekajin, Sp. P, Gedung Griya Puspa Lt. 2.

Acara yang berlangsung tanggal 10 -12 Oktober 2023 dan diikuti 30 peserta ini dibuka oleh Direktur Utama RSUP Persahabatan Prof. Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp. P(K), FISR, FAPSR yang menyampaikan bahwa RSUP Persahabatan cukup berbangga karena memiliki layanan laparoscopy yang merupakan bagian dari layanan minimal invasif surgery sebagai salah satu layanan unggulan di RSUP Persahabatan. "Teman-teman diluar berfikir kalau di RS Persahabatan layanan invasifnya layanan paru tapi ternyata tidak, banyak layanan non paru yang kita kembangkan untuk mendukung bagaimana mencapai visi".

"Prosedur laparoskopi dasar ini adalah prosedur layanan minimal invasif  tentunya memberikan hasil yang baik bila skill dari teman-teman melakukannya kepada para perawat yang membantu kompeten. Oleh karena itu saya menyambut sekali pelatihan laparoskopi dasar perawat ini, akan memberikan manfaat yang besar kepada teman-teman peserta untuk diaplikasikan nanti di tempatnya bekerja bila menjalankan prosedur laparoskopi dasar,"ucap Prof Agus.

Berikut pembicara Seminar & Workshop Laparoskopi Dasar "Untuk Perawat Kamar Bedah":

  1. Building Learning Commitment oleh Ns. Didi Supriadi , S.Kep., NersNs.,MKM
  2. Perkembangan Laparoskopi di Indonesai oleh dr. Perwira Widianto, Sp.B-KBD
  3. Laparoskopi Cholesistektomy oleh dr. Seno Budi Santoso, Sp.B-KBD
  4. Laparoskopi Appendiktomi oleh dr. Wahyu Sriningsih Sp.B-KBD
  5. Laparoskopi di Bidang Obsgyn oleh dr. Ni Made Desy Suratih, Sp.O.G., Subs.F.E.R.
  6. Anestesi Pada Pasien Laparoskopi oleh dr. Reza Surya Dharma, Sp.An
  7. PPI Pada Tindakan Laparoskopi oleh dr. Irwin Tedja, Sp.PD (K), FINASIM
  8. Manajemen Patient Safety Pada Tindakan Laparoskopi oleh Ns. Syafrina, S.Kep

Hari Ulang Tahun ke-60 RSUP Persahabatan pada 11 November 2023 kali ini mengangkat tema “Bangkit Bersama Rumah Sakit Persahabatan” dengan ketua panitia dr.Hayatun Nufus, Sp.PD,KHOM, FINASM.