Jumat, 06 Oktober 2023 13:54 WIB

RSCM Hadirkan Support Group Room Bagi Pasien Transplantasi Demi Minimalisir Resiko Psikososial

Responsive image
Yogi - RSUP dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
361

Jakarta (22/9) - RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) terus melakukan inovasi dan upaya pengembangan layanan kesehatan demi memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang paripurna bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya yaitu menghadirkan Support Group Room bagi pasien transplantasi organ dan jaringan yang berlokasi di RSCM Kanigara. Layanan ini dibuka dan diresmikan oleh Kepala Instalasi Pelayanan Eksekutif Terpadu RSCM Kencana yaitu Dr. dr. Trimartani, SpTHTBKL, MARS.

Pasien transplantasi dan keluarganya selama menjalani proses transplan dari pra sampai dengan pasca transplantasi akan menghadapi resiko-resiko psikososial. Permasalahan psikososial ini jika tidak terselesaikan maka akan menjadi hambatan proses menuju transplantasinya sampai dengan perawatan pasca transplantasinya. Oleh karenanya, keluarga harus lebih waspada dengan permasalahan psikososial ini dan memiliki strategi coping yang tepat dalam menyelesaikannya.

Oleh karenanya, pekerja sosial transplantasi organ dan jaringan menghadirkan Support Group Room untuk pasien beserta keluarganya pra dan pasca transplantasi di RSCM. Support group merupakan salah satu jenis dari intervensi pekerja sosial melalui group work. Tujuan dari kegiatan ini adalah menjadi tempat orangtua/pasien pra/pasca transplantasi untuk bertukar cerita dan permasalahan yang sedang dihadapi serta mekanisme coping yang dilakukan. Harapannya akan menciptakan keterikatan satu sama lain, saling mendukung dan rasa nyaman dalam menjalani proses perawatan pra/pasca transplantasi.

Tim Transplantasi Organ dan Jaringan Terpadu RSCM telah melaksanakan support group sebagai pilot project untuk pasien pra transplantasi hati dengan tujuan mempersiapkan proses skrining. Kegiatan ini mendapatkan respon baik dari keluarga pasien yang akan menjalani pra transplantasi hati karena memudahkan proses skrining dan menjadi sumber dukungan sosial sesama orangtua pasien.

Nantinya, akan diadakan kegiatan seminar rutin sebagai salah satu tindak lanjut dari hasil asesmen kebutuhan dari pasien transplantasi maupun keluarganya ketika sesi konseling dan support group. Kegiatan ini sebagai sarana edukasi kepada pasien dan keluarga terkait proses transplantasi baik pada masa persiapan maupun setelahnya.

Kegiatan seminar rutin ini juga bertujuan untuk mengenalkan program transplantasi RSCM kepada calon pasien dan masyarakat luas dengan menceritakan success story pasien yang telah melaksanakan operasi transplantasi tersebut. Sehingga semakin banyak pasien dan keluarga yang dapat melakukan transplantasi.

Focus Group Room ini juga diperindah dengan mural yang menarik dan colourful agar pasien transplantasi anak lebih merasa nyaman. Ruangan juga dilengkapi dengan mini play ground yang ramah bagi pasien transplantasi anak, dan juga tersedia pojok bacaan.

Dengan adanya layanan Focus Group Room, diharapkan mampu mengurangi resiko psikososial dan menjadi penguat sosial bagi pasien tranplantasi organ dan jaringan RSCM beserta kelaurganya. Humas RSCM