Senin, 02 Oktober 2023 14:13 WIB

Diskusi transformasi layanan kanker antara Konjen RI untuk Houston

Responsive image
Humas - Epayanti - RS Kanker Dharmais Jakarta
108

Houston (22/09) - Pada hari Jumat tanggal 22 September 2023, setelah mengikuti konferensi MetaECHO di Albuquerque dan melakukan visitasi ke MD Anderson Cancer Center, Delegasi Pusat Kanker Nasional RS Kanker Dharmais yang dipimpin oleh Direktur Utama, dr. R. Soeko W Nindito D MARS, menghadiri undangan makan malam dari Konjen Republik Indonesia Houston, Bapak Andre Omer Siregar di KJRI Houston. Bapak Andre juga mengundang  perwakilan dari MD Anderson Cancer Center, Prof. Kathleen Schmeler, Dr. Mila Salcedo dan Ibu Mellissa Varon beserta para Diaspora di sektor kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Andre menyampaikan bahwa KJRI selalu mendukung kerjasama di bidang kesehatan dan sangat antusias dengan penandatanganan MoU antara Kementerian Kesehatan Indonesia, c.q. PKN RS Kanker Dharmais dan MD Anderson Cancer Center pada Februari lalu. Konjen RI, menambahkan, kunjungan Direktur Utama PKN RS Kanker Dharmais ke Houston menunjukkan komitmen kuat kedua belah pihak untuk menindaklanjuti MoU tersebut. Bapak Andre juga mengucapkan selamat kepada MD Anderson Cancer Center atas pengakuannya sebagai institusi perawatan kanker terkemuka di AS. Acara makan malam didahului oleh perkenalan serta dilanjutkan dengan diskusi perkembangan dan situasi transformasi bidang kesehatan khususnya layanan kanker di Indonesia. Adanya diskusi antara delegasi dan diaspora profesional kesehatan Indonesia diharapkan dapat memperkaya dan membuka lebih banyak potensi kolaborasi di bidang kesehatan.

Kunjungan delegasi PKN RS Kanker Dharmais ke Houston terutama ke MD Anderson Cancer Center merupakan salah satu dari sekian banyak implementasi MoU. Sebelumnya, kedua organisasi telah mengadakan beberapa seminar virtual kolaboratif di bidang kanker seperti kegiatan telementoring dengan platform ECHO untuk kanker payudara dan akan dilanjutkan untuk telementoring patologi dan layanan darah, juga kegiatan telementoring program lainnya.

PKN Rumah Sakit Kanker Dharmais mengucapkan terima kasih atas dukungan dari KJRI Houston dalam memajukan layanan kesehatan di Indonesia serta atas doa yang disampaikan Pak Andre agar RS Dharmais semakin sukses dalam memberikan pelayanan kanker terbaik kepada masyarakat Indonesia di usianya yang ke-30.

Dirgahayu Pusat Kanker Nasional RS Kanker Dharmais ke-30.