Selasa, 26 September 2023 19:09 WIB

Bakti Sosial Dalam Rangka Upaya Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Responsive image
Humas - RSUP Dr. Rivai Abdullah Banyuasin
152

Banyuasin (12/09) - Dalam upaya percepatan penurunan angka kematian Ibu dan bayi di wilayah kabupaten Banyuasin, RSUP dr. Rivai Abdullah dan RS Pratama Makarti Jaya bekerja sama dalam Kegiatan Bakti Sosial dengan tema USG Kehamilan dan Deteksi Dini Permasalahan Reproduksi.

Kegiatan Bakti Sosial yang berlangsung di Desa Makarti Jaya Banyuasin ini, mendapat antusiasme tinggi dari warga, terbukti dari jumlah peserta yang mencapai 32 orang melebihi target yang ditetapkan diawal. Peserta  Kegiatan Bakti Sosial, USG Kehamilan dan Deteksi Dini Permasalahan Reproduksi, terdiri dari wanita hamil, pasangan yang ingin memeriksakan kesehatan organ reproduksinya, serta pasangan yang ingin berkonsultasi mengenai program kehamilan kepada dr. Emir Fakhrudin, Sp. OG. K (Fer).

Direktur Utama RS Pratama Makarti Jaya, dr. Rita Oktasari dalam sambutannya berharap kegiatan Bakti Sosial ini dapat meningkatkan kerjasama antara kedua rumah sakit, serta diharapkan dapat meminimalisir angka kematian ibu dan anak di wilayah Makarti Jaya.

Selain USG Kehamilan dan Deteksi Dini Permasalahan Reproduksi, dilaksanakan juga kegiatan pemeriksaan status gizi, pemeriksaan gula darah dan hemoglobin bagi seluruh peserta bakti sosial.

Dr. Hendra selaku Direktur Utama RSUP dr. Rivai Abdullah berharap dengan adanya kegiatan Bakti Sosial ini masyarakat semakin mengenal RSUP dr. Rivai Abdullah sebagai rumah sakit rujukan yang memiliki dokter spesialis kandungan sub spesialis fertilitas yaitu dr. Emir Fakhrudin, Sp. OG. K (Fer). Selain itu RSUP dr. Rivai Abdullah memiliki fasilitas yang lengkap dan lokasi yang sangat terjangkau bagi masyarakat perairan di wilayah Banyuasin. Beliau juga mendorong agar pasangan yang sedang menunggu kelahiran bayinya untuk merencanakan tempat persalinan dan merencanakan biaya persalinan dari jauh hari misalnya dengan mendaftar BPJS dari awal kehamilan terdeteksi.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian goodie bag kepada seluruh peserta dan foto bersama antara Tim Kesehatan Bakti Sosial RSUP dr. Rivai Abdullah dan seluruh pegawai RS Pratama Makarti Jaya.