Rabu, 20 September 2023 17:56 WIB

Pekan Mutu dan Keselamatan Pasien di RS Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Dalam Rangka Memperingati Hari Keselamatan Pasien Sedunia 2023

Responsive image
Juli Anto - RS Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta
398

Jakarta (18/09) - Setiap tanggal 17 September kita memperingati World Patient Safety Day. Pada tahun ini momentum peringatan World Patient Safety Day 2023 mengangkat tema “Engaging Patients for Patients Safety” dengan slogan Elevate the Voice of Patients! dengan harapan dapat memperkuat komitmen kita dalam meningkatkan keselamatan pasien, utamanya dengan melibatkan pasien dan keluarganya dalam setiap aktivitas pelayanan pasien secara komperehensif.

Pada peringatan World Patient Safety Day tahun ini RS Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Jakarta membuat kegiatan pekan mutu dan keselamatan pasien yang terdiri dari lomba pembuatan video sasaran keselamatan pasien, lomba penanggung jawab mutu atau pengumpul data terbaik dan pada saat puncak acara melakukan cap tangan sebagai komitmen untuk selalu berupaya meningkatkan budaya keselamatan pasien di RS Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. Kegiatan dimulai sejak tanggal 31 Agustus 2023.

Puncak acara yang diselenggarakan di halaman RS Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Jakarta bertepatan dengan kegiatan upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap bulan sebagai bentuk kedisiplinan sebagai ASN.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pelaksanaan upacara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba yang terdiri dari lomba video sasaran keselamatan pasien yang terdiri dari 3 pemenang (juara I, II dan III) dan pemenang penanggung jawab mutu atau pengumpul data terbaik yang terdiri dari 3 pemenang (juara I, II dan III). Penanggung jawab mutu atau pengumpul data terbaik tahun 2023 sekaligus dinobatkan menjadi duta mutu dan keselamatan pasien tahun 2023.

Adapun pemenang lomba video sasaran keselamatan pasien terbaik adalah sebagai berikut:

  • Juara I                : Instalasi Laboratorium
  • Juara II               : Instalasi Psikogeriatri
  • Juara III              : Instalasi Gawat Darurat

Sedangkan pemenang penanggung jawab mutu atau pengumpul data terbaik adalah sebagai berikut:

  • Juara I                : Ns. Loly Herawati, SKep
  • Juara II               : dr. Wibowo Pandapotan Saragih
  • Juara III              : Ns. Sri Mulyani, SKep

Pada penghujung kegiatan seluruh pegawai yang mengikuti kegiatan tersebut wajib menempelkan cap tangan ke kain canvas sebagai tanda komitmen terhadap upaya meningkatkan budaya keselamatan pasien di RS Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Jakarta.

Komitmen dari seluruh pegawai RS Jiwa dr. Soeharto Heerdjan sangat penting untuk memastikan keselamatan pasien selama mendapatkan pelayanan dan perawatan di rumah sakit.

Keselamatan pasien merupakan prioritas utama dalam pelayanan kesehatan. Ini menjadi acuan utama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima serta mencegah terjadinya cedera dan insiden pada pasien. Sebab setiap kegiatan pelayanan pasien yang tidak aman dapat menjadi penyebab cedera dan insiden keselamatan pasien yang dapat menimbulkan masalah kesehatan serius yang kemudian dapat menjadi masalah hukum dan kerugian rumah sakit.

Guna mengurangi insiden dan kerugian baik bagi pegawai maupun rumah sakit, seluruh pegawai bersama-sama meningkatkan upaya pelayanan ke pasien yang aman dan nyaman.

Bersama-sama kita berkomitmen untuk meningkatkan budaya mutu dan keselamatan pasien di RS Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Jakarta.