Selasa, 19 September 2023 10:41 WIB

Pelatihan Askep Stroke Dilingkungan RSPON Prof. Dr dr Mahar Mardjono Jakarta

Responsive image
Teguh - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
159

Jakarta (18/09) - Bertempat di Aula Lt.13 RSPON Prof Dr dr Mahar Mardjono Jakarta, dilaksanakan kegiatan Pelatihan Askep Stroke bagi pegawai dilingkungan RSPON. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 18 September 2023 sampai dengan 23 September 2023 di ikuti oleh 29 orang Peserta.

Salah satu materi yang disampaiakan yaitu Tatalaksana Medis Stroke Iskemik yang disampaikan oleh dr Mursyid Bustami Sp.S, (K), KIC, MARS, dasar diagnosis yaitu Anamnesis, Pemeriksaan Fisik dan Pemeriksaan Penunjang (golden standard CT Scan Kepala). Adapun pemeriksaan penunjang meliputi CT Scan atau MRI tanpa Kontras, Tes laboratorium, EKG, Ro thoraks dan lain-lain sesuai dengan indikasi.

Manajemen Umum Stroke Akut yaitu stabilitas jalan nafas dan pernafasan, stabilitas hemodinamik, mencegah peninggian tekanan intrakkranial, pengenadalian suhu tubuh, manajemen tekanan darah, kontrol hipergikemia dan terapi medikamentosa.

Stroke merupakan kondisi emergensi, outcome stroke iskemik sangan tergantung pada penanganan emergensi yang tepat, cepat dan akurat dan goal dari penatalaksanaan stroke adalah bagaimana agar mengembalikan metabolism otak kembali normal dan mencegah terjadinya injuri sekunder serta komplikasi.