Senin, 04 September 2023 09:57 WIB

RSPON Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta Pada Podcast Snack Time, Mengenal Stroke Untuk Masyarakat Awam

Responsive image
TA - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
237

Jakarta (31/08) - Banyak masyarakat awam yang sudah mengenal istilah stroke, arti stroke sendiri adalah penyakit pembuluh darah otak, definisi menurut WHO, stroke merupakan suatau keadaaan dimana ditemukan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat berupa defisit neurologic fokal dan global yang dapat memberat dan berlangsung lama selama 24 jam atau lebih dan/atau dapat menyebabkan kematian, tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vascular. Stroke terjadi apabila pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah, akibatnya Sebagian otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen yang diperlukan sehingga mengalami kematian sel/jaringan.

Pada kali ini RSPON berkolaborasi dengan PKC Kramat Jati dr. M Arief Rachman Kemal, Sp.N atau yang lebih akrab disapa dengan dr. Arief memberikan edukasi pada bincang santai pada acara “podscast snack time” yang dipandu oleh dr. Rachmat Aminullah.

Klasifikasi stroke dibedakan menjadi 2 (dua) yang PERTAMA stroke iskemik (stroke sumbatan) stroke yang paling sering terjadi  stroke emboli yaitu bekuan darah atau plak yang terbentuk didalam jantung atau pembuluh arterin besar yang terangkup menuju otak sedangkan stroke trombotik yaitu bekuan darah atau palk yang terbentuk didalam pembuluh arteri yang mensuplai darah ke otak. dan KEDUA stroke hemoragik (stroke berdarah) perdarahan instraserebral yaitu pecahnya pembuluh darah dan darah masuk kedalam jaringan yang menyebabkan sel-sel otak masi sehingga berdampak pada kerja otak berhenti penyebab yang sering terjadi adalah hipertensi sedangkan perdarahan subarachnoid yaitu pecahnya pembuluh darah yang berdekaytan dengan permukaan otak dan darah bocor diantara otak dan tulang tengkorak. Penyebab bisa berbeda-beda tetapi biasanya karena pecahnya aneurisma.

Pada kesempatan tersebut ada salah satu pertayaan “dok apa yang kita harus lakukan ketika orang sekitar kita ada yang mengalami serangan stroke ? apa dengan menusukkan jarum pada jarinya itu dapat mengatasi ?”, dr. Arief dengan tegas mengatakan “jika ada yang terkena serangan stroke segera bawa ke rumah sakit terdekat, karena kita tidak mengetahui serangan stroke yang terjadi disebabkan oleh apa”.