Kamis, 24 Agustus 2023 19:22 WIB

Koordinasi Program Binwil Kalimantan Timur

Responsive image
NRI - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
367

Balikpapan (24/8) – Menghadirkan akses dan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi semua kelompok masyarakat tanpa diskriminatif merupakan salah satu amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Kesehatan Nomor 17 Tahun 2023. Namun untuk mewujudkan hal itu diperlukan juga kontribusi dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan termasuk bagaimana meningkatkan peran masyarakat secara aktif sebagai subjek maupun objek pembangunan kesehatan.

Berkenaan dengan hal tersebut, Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Ditjen Yankes sebagai Koordinator Wilayah Binaan Provinsi Kalimantan Timur menggelar pertemuan Koordinasi Program Binwil untuk Provinsi Kalimantan Timur pada 23 – 25 Agustus 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan dr. Sunarto, M.Kes menyebutkan salah satu output dari kegiatan ini adalah memberikan pencerahan, masukan, maupun informasi kepada seluruh Dinas Kesehatan baik Provinsi/Kabupaten/Kota termasuk Unit Satker seperti RSUD serta RSK Daerah dan fasilitas kesehatan lainnya milik pemerintah di Provinsi Kaltim terkait kebijakan dan atau regulasi terbaru tentang pelayanan kesehatan dan unsur pendukungnya.

Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum Kesehatan, Dr. Sundoyo, S.H., M.K.M., M.Hum dan mengundang peserta dari Unit Eselon II se-Ditjen Yankes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi hingga Kab/Kota, serta perwakilan dari RSUD dan RSK Daerah yang ada di wilayah Kalimantan Timur.

Turut hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber Staf Ahli Bidang Hukum Kesehatan Dr. Sundoyo, S.H., M.K.M., M.Hum; Staf Khusus Menteri Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang diwakili oleh Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat dr. Mayang Sari, M.A.R.S; Sekretaris Ditjen Pelayanan Kesehatan yang diwakili oleh Ketua Tim Kerja Perencanaan Program, Evaluasi dan Pelaporan Ruri Purwandani, SP; Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan dr. Sunarto, M.Kes; Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan dr. Aswan Usman, M.Kes; Ketua Tim Kerja Tranformasi Pelayanan Kesehatan Di Fasilitasi Pelayanan Kesehatan Primer dr. Adi Pamungkas; Ketua Tim Verifikator Akreditasi Rumah Sakit Pendidikan  dr. Else Mutiara Sihotang, Sp.PK, Ketua Tim Kerja Pengampuan Jejaring KJSU dan KIA dr. Ady Iswadi Thomas, MARS; Ketua Tim Kerja Mutu Pelayanan Kesehatan Labkes, UTD, TPMD, dan TPMDG; Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur ; serta para Kepala Dinas Kesehatan Kab/Kota di wilayah provinsi Kalimantan Timur.