Senin, 21 Agustus 2023 10:05 WIB

 On The Road BHD Untuk Awam Di CFD Solo

Responsive image
Bowi - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
195

Surakarta (20/08) - Dalam rangkaian kegiatan ulang tahun RS Ortopedi Prof dr R Soeharso dilaksanakan On The Road (OTR) Bantuan Hidup Dasar (BHD) Untuk Masyarakat Awam kembali digelar untuk masyarakat Solo khususnya pengunjung Car Free Day (CFD) di depan Stadion Sriwedari, Surakarta.

Diawali dengan senam Sendi dan Tulang (Sentul) untuk komunitas senam dan pengunjung CFD Solo. Kegiatan OTR BHD ini merupakan program rutin Rumah Sakit dalam mendukung Kementerian Kesehatan di dalam Transformasi Kesehatan.

"Everyone Can Save a Life", ungkap dr. Kshanti Adhitya, Sp.EM.MM. selaku Koordinator Tim BHD sekaligus Ketua Tim Kerja Pendidikan & Pelatihan RSO. Ada 2 (dua) langkah penting dalam menyelamatkan sesama, yang pertama (1) Minta tolong dan kedua (2) Lakukan tekanan pada dada bagian tengah dengan kuat dan cepat 100-120x/ menit jelasnya.

Dr.dr. Tito Sumarwoto, Sp.OT M.Kes, selaku ketua panitia HUT RSO Ke-72, mengajak masyarakat Solo dan pengunjung CFD untuk manfaatkan latihan BHD bagi masyarakat awam dan deteksi sarcopenia dari RS. Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta.

Direktur Pelayanan Medik , Keperawatan, dan Penunjang  Dr.dr. Romaniyanto, Sp.OT. Spine, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada komunitas senam Sentul yang selama ini setia bergabung mengikuti senam sentul. Beliau juga menyampaikan untuk warga solo & sekitarnya untuk memanfaatkan kegiatan di tempat kami berupa deteksi sarcopenia dan Latihan BHD bagi Masyarakat Awam gratis. Kita bersama-sama mampu melakukan  Bantuan Hidup Dasar Untuk menolong orang yang mengalami henti jantung.

Terdapat sejumlah 114 orang lebih dengan berbagai usia yaitu terdiri dari Bapak-Ibu, dan Anak-Anak yang mencoba latihan BHD untuk Masyarakat Awam. Dan ada deteksi dini Sarcopenia oleh Tim Rehabiltasi Medik dengan Koordinator Dr. dr Retno Setianing, SpKFR (K)

Yel yel sebagai motivasi penyemangat, "Semua orang mampu melakukan BHD untuk menyelamatkan sesama", ungkap dr. Kshanti Adhitya, Sp.EM.MM menutup kegiatan OTR BHD.